AKSES LAYANAN PENDIDIKAN UNTUK GIFTED AND TALENTED CHILDREN

SUCI, RAHMA DANI (2024) AKSES LAYANAN PENDIDIKAN UNTUK GIFTED AND TALENTED CHILDREN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SUCI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Siswa berbakat adalah siswa yang memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata (IQ>130), tingkah laku yang unik dan komitmen yang tinggi, pemahaman yang tinggi terhadap gagasan konsep abstrak, menonjol dalam berbagai bidang ilmu, kemampuan yang sangat baik untuk mentransfer pembelajaran ke situasi baru (kreativitas). Penelitian ini lebih spesifik membahas tentang akses yang memberikan perhatian pada pemerataan kesempatan pendidikan bagi anak yang berkemampuan di atas rata-rata yang merujuk kepada pemerintah. Di lembaga pendidikan banyak mengalami tantangan dalam mengidentifikasi dan menyediakan layanan pendidikan yang sesuai untuk mereka. Permasalahan utama yang dibahas meliputi kesenjangan dalam pendanaan dan akses terhadap pendidikan berbakat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis akses layanan pendidikan untuk gifted and talented. Menggunakan metode Systematic Litrature Review (SLR) dan bertujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan merangkum temuan-temuan dari semua studi yang relevan secara eksplisit agar bukti yang tersedia lebih mudah diakses oleh para pengambil keputusan (Pusat Tinjauan dan Diseminasi). Teknik pengumpulan data nya menggunakan Research jurnal yang ter-akreditasi atau Quartil berjumlah 20 jurnal. Dalam menganalisis menggunakan perangkat lunak NVIVO.12. Berdasarkan sumber data yang diperoleh dari sekian sumber data yang diperoleh dari 20 jurnal Sinta dan jurnal internasional peneliti menemukan beberapa hasil yaitu tentang akses layanan untuk giving enter and the children ada 3 temuan yaitu tentang kesenjangan ekonomi Terus mengenai program pendidikan anak berbakat dan pedesaan atau faktor geografis. Adapun pemrograman pendidikan anak berbakat mencakup guru kurikulum dan model pembelajaran. Lalu model pembelajaran ini pun mencakup 3 aspek yaitu pengayaan akselerasi dan segregasi. Kata Kunci: Anak Berbakat, Akses Layanan Pendidikan anak berbakat. iv ABSTRACT Gifted students are students who have above average intellectual intelligence (IQ> 130), unique behavior and high commitment, high understanding of abstract concepts, excel in various fields of science, excellent ability to transfer learning to new situation (creativity), So the problem in this research is more specific to access which pays attention to equal distribution of educational opportunities for children with abilities above the average which refers to the government. Many educational institutions experience challenges in identifying and providing appropriate educational services for them. Key issues discussed include gaps in funding and access to gifted education. The research aims to analyze access to educational services for gifted and talented. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method which aims to identify, evaluate and summarize the findings of all relevant studies explicitly so that the available evidence is more easily accessible to decision makers (Center for Review and Dissemination). The data collection technique uses research journals that are accredited or Quartile, totaling 20 journals. In analyzing using NVIVO.12 software. Based on data sources obtained from various data sources obtained from 30 Sinta journals and international journals, researchers found several results, namely regarding access to services for giving birth to children. There were 3 findings, namely about economic disparities and then regarding gifted and rural education programs or geographical factors. The educational programming for gifted children includes curriculum teachers and learning models. Then this learning model also includes 3 aspects, namely accelerated enrichment and segregation. Keywords: Gifted Children, Access to Education Services for Gifted Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:51
Last Modified: 25 Mar 2024 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item