SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 05 JAYAPURA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN

Miatul, Hasani (2024) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 05 JAYAPURA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem informasi manajemen adalah jaringan prosedur pengolahan data yang diperkembangkan dalam suatu organisasi dan disatukan apabila dipandang perlu, dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern, untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan orgaisasi. Dengan sendirinya data tersebut oleh manajemen diolah lebih dulu menjadi informasi. Sistem Informasi Manajemen juga melakukan kegiatan penyimpanan terhadap data yang sudah diolah sebelum data tersebut akan dibutuhkan dan disebarluaskan kepada para penggunanya. Ketika data atau informasi yang tersimpan dibutuhkan dan akan digunakan oleh pengguna, maka Sistem Informasi Manajemen akan memanggil kembali data yang tersimpan tersebut untuk disampaikan kepada penggunannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan salah satu guru di SD Negeri 05 Jayapura. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Sistem Infromasi Manajemen Layanan Perpustakaan yang meliputi Pengumpulan Data, Pengolahan Data, dan Penyimpanan Data. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mempertanggungjawabkan kredibilitas data dalam penelitian yang penulis lakukan. Teknis analisis yang digunakan terbagi menjadi empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen Layanan Perpustakaan telah sesuai dengan indikator. Meskipun masih ditemukan sedikit permasalahan yaitu penerapan SIM Layanan Perpustakaan di SD Negeri 05 Jayapura sudah menggunakan sistem digitalisasi namun belum optimal secara keseluruhan. Sistem yang telah menggunakan digitaldalam layanan perpustakaan yaitu pada layanan peminjaman buku, pengembalian buku, dan pengecekan jumlah koleksi buku di perpustakaan. Keadaan tersebut terjadi dikarenakan masih minim tenaga perpustakaan atau pustakawan di SD Negeri 05 Jayapura. Meskipun demikian pihak sekolah selalu berusaha untuk mengoptimalkan penerapan Sistem Informasi Manajemen Layanan pada perpustakaan. Kata kunci: Layanan Perpustakaan, Sistem Informasi Manajemen iv ABSTRACT A management information system is a network of data processing procedures developed in an organization and unified when deemed necessary, with the aim of providing data to management whenever needed, both internal and external data, for the basis of decision-making in order to achieve the goals of the organization. By itself, the data by management is processed first into information. Management Information Systems also carry out storage activities for data that has been processed before the data will be needed and disseminated to its users. When stored data or information is needed and will be used by users, the Management Information System will recall the stored data to be conveyed to its users. This study used a qualitative descriptive method, with research data sources including the principal, waka curriculum, and one of the teachers at SD Negeri 05 Jayapura. The purpose of this study is to describe the Library Service Management Information System which includes Data Collection, Data Processing, and Data Storage. The data collection techniques are carried out by interviews, observation, and documentation. The validity test of the data in this study using source triangulation was carried out by comparing the results of interviews, observations, and documentation. The goal is to account for the credibility of the data in the research that the author conducted. The technical analysis used is divided into four, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that the Library Service Management Information System was in accordance with the indicators. Although there is still a slight problem, the implementation of the Library Service SIM at SD Negeri 05 Jayapura has used a digitization system but it has not been optimal as a whole. Systems that have used digital in-library services are book borrowing services, returning books, and checking the number of book collections in the library. This situation occurs because there is still a lack of library staff or librarians at SD Negeri 05 Jayapura. Nevertheless, the school always tries to optimize the implementation of the Service Management Information System in the library. Keywords: Library Services, Management Information Systems

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:04
Last Modified: 22 Mar 2024 08:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32872

Actions (login required)

View Item View Item