EVALUASI PROGRAM PPL TAHUN 2023 DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG

ATIKA, FADILAH (2024) EVALUASI PROGRAM PPL TAHUN 2023 DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS ATIKA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  ATIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Atika Fadilah : Evaluasi Program Ppl Tahun 2023 Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Lampung Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL) merupakan program yang bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan menggunakan ilmu yang dipelajarinya dalam situasi nyata. Permasalahan terkait dengan program praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung adalah kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan mengaplikasikan RPP pembelajaran. maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program PPL tahun 2023 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data perimer dan sata sekunder. Teknik Pengumpulan Data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data data dengan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Pemeriksa uji keabsahan Data melalui Triangulasi sumber, Triangulasi teknik, Triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama, evaluasi context dari program praktik pengalaman lapangan Di FTK UIN Raden Intan Lampung meliputi a) Tujuan dan Sasaran Program, b) Kesesuaian Kurikulum, c) Kerjasama dengan lembaga pendidikan, d) Pemilihan Lokasi PPL, e) Pendampingan dan Pembimbing. Kedua, evaluasi Input dari program praktik pengalaman lapangan Di FTK UIN Raden Intan Lampung mencakup, a) Seleksi Mahasiswa, b) Kurikulum yang Disiapkan, c) Sumber Daya yang Tersedia, d) Persiapan dan Pelatihan Pendamping dan Pembimbing. Ketiga, evaluasi proses dari program praktik pengalaman lapangan Di FTK UIN Raden Intan Lampung mencakup, a) Tujuan dan Sasaran Program, b) Kesesuaian Kurikulum, c) Kerjasama dengan lembaga pendidikan. Keempat, evaluasi produk dari program praktik pengalaman lapangan DI FTK UIN Raden Intan Lampung mencakup, a) Pencapaian Kompetensi Mahasiswa, b) Penerapan Teori di Lapangan, c) Pengembangan Soft Skills. Kata Kunci : Context, Input, Proses, Produk iv ABSTRACT Atika Fadilah: Evaluation of the 2023 Field Experience Program at the Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Lampung Field Experience Program (PPL) is a program designed to train students to apply the knowledge they have acquired in real-life situations. The issue related to the Field Experience Program (PPL) at the Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Raden Intan Lampung, is the lack of students' ability to formulate and implement lesson plans (RPP). Therefore, the aim of this research is to evaluate the 2023 PPL Program at the Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Raden Intan Lampung. This study is an evaluation research using a qualitative and quantitative approach (mixed methods) employing a concurrent embedded model (unbalanced mix). The data sources for this research are primary and secondary data. Data collection techniques include observation, interviews, documentation, and questionnaires. Data analysis involves data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity is examined through source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. The results of the study show that: First, context evaluation of the Field Experience Program at FTK UIN Raden Intan Lampung includes a) Program Objectives and Targets, b) Curriculum Suitability, c) Collaboration with educational institutions, d) Selection of PPL Locations, e) Supervision and Guidance. Second, input evaluation of the Field Experience Program at FTK UIN Raden Intan Lampung includes a) Student Selection, b) Prepared Curriculum, c) Available Resources, d) Preparation and Training for Supervisors and Mentors. Third, p rocess evaluation of the Field Experience Program at FTK UIN Raden Intan Lampung includes a) Program Objectives and Targets, b) Curriculum Suitability, c) Collaboration with educational institutions. Fourt, product evaluation of the Field Experience Program at FTK UIN Raden Intan Lampung includes a) Achievement of Student Competencies, b) Application of Theory in the Field, c) Development of Soft Skills. Keywords: Context, Input, Process, Product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:29
Last Modified: 21 Mar 2024 08:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32859

Actions (login required)

View Item View Item