ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (Studi pada PT. BPRS Metro Madani)

RITA, KOMALA DEWI (2024) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (Studi pada PT. BPRS Metro Madani). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of pusat 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RITA 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah dalam operasionalnya berpedoman pada prinsip�prinsip syariah, dimana dalam prinsip syariah dilarang adanya transaksi yang berhubungan dengan bunga, karena dalam sistem bunga mengandung unsur pemaksaan kepada peminjam untuk membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu dengan pembiayaan syariah yang diharapkan akan mampu mewujudkan perekonomian yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah. Pada perbankan syariah khususnya pada BPRS Metro Madani Kantor Pusat Kota Metro jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan setiap bulannya tidak menentu, kadang mengalami kenaikan dan bahkan penurunan yang sangat drastis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam pengambilan produk pembiayaan Griya iB Hasanah pada BPRS Metro Madani Kantor Pusat Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data bersumber dari lapangan, melalui metode wawancara, observasi, dan quesioner. Selain itu dalam penelitian ini juga digunakan penelitian pustaka (library research) sebagai pendukung kesempurnaan data. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan berpikir induktif. Hasil penelitian ini adalah setiap calon nasabah yangmelakukan pembiayaan terlebih dahulu melalui proses pengambilan keputusan yaitu mengenali permasalahan, mencari informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor budaya, faktor pribadi faktor sosial dalam produk pembiayaan BPRS Metro Madani Kantor Pusat Kota Metro. Kata Kunci : Sikap Konsumen, Produk Pembiayaan iii ABSTRACT Islamic banks in their operations are guided by sharia principles, where in sharia principles it is prohibited to carry out transactions related to interest, because the interest system contains an element of forcing the borrower to pay a predetermined amount of money. Therefore, it is hoped that sharia financing will be able to create a fair and equitable economy for all levels of society, especially economically weak communities. In sharia banking, especially at BPRS Metro Madani Metro City Head Office, the number of customers who provide financing each month is uncertain, sometimes experiencing drastic increases and even decreases. This research aims to analyze consumer behavior in decision making and what factors influence customer behavior in purchasing Griya iB Hasanah financing products at BPRS Metro Madani Metro City Head Office. This type of research is field research. Data collection comes from the field, through interviews, observation and questionnaire methods. Apart from that, this research also used library research to support data perfection. The data analysis method used is qualitative with an inductive thinking approach. The results of this research are that every prospective customer who undertakes financing first goes through a decision-making process, namely recognizing problems, searching for information, evaluating alternatives, purchasing decisions. And the most dominant factors influencing consumer behavior are cultural factors, personal factors, social factors in BPRS Metro Madani financing products, Metro City Head Office. Keywords: Consumer Attitudes, Financing Products

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:33
Last Modified: 21 Mar 2024 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32857

Actions (login required)

View Item View Item