KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MAHMUD YUNUS

AHMAD, FAUZAN RAFLI (2024) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MAHMUD YUNUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MAHMUD YUNUS Oleh Ahmad Fauzan Rafli Pendidikan Islam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ajaran Islam secara keseluruhan. Karena itu, tujuan akhirnya harus selaras dengan tujuan hidup dalam Islam. Islam adalah ajaran yang menyeluruh dan terpadu, ia mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik dalam urusan-urusan keduniaan maupun hal-hal yang menyangkut keakhiratan. Menurut Rahmat Hidayat pendidikan Islam merupakan usaha untuk menumbuhkembangkan potensi yang terdapat dalam diri manusia guna mencapai derajat penciptaannya sebagai mahluk yang beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah, dan usaha tersebut dilakukan oleh seorang pendidik. Dalam menerapkan metode pada suatu mata pelajaran Mahmud Yunus sangat memperhatikan aspek psikologis siswa sesuai dengan prinsip pertumbuhan dan perkembangan anak, ia juga menekankan pentingnya penanaman moral dalam proses belajar mengajar, pandangan Mahmud Yunus yang demikian itu memperlihatkan bahwa konsep yang dirumuskan dan disosialisasikannya itu benar-benar menyeluruh. Mencakup aspek kognitif, prikomotor dan afektif. Setelah melakukan kajian yang mendalam hasil penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Islam Mahmud Yunus baik pada aspek tujuan dan kurikulum, metode, guru, kelembagaan, dan evaluasi pendidikan Islam, perlu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk lebih menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada saat ini sebagai bagian dari kerja-kerja intelektual kita sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam menciptakan sosok-sosok muslim yang berwawasan keagamaan dan IPTEK, menjadi sosok insan kamil, bahagia dunia dan akhirat tidak hanya menjadi harapan belaka tetapi dapat mewujudkannya. KATA KUNCI : PENDIDIKAN ISLAM,MAHMUD YUNUS,KONSEP iv ABSTRACT THE CONCEPT OF ISLAMIC EDUCATION ACCORDING TO MAHMUD YUNUS By Ahmad Fauzan Rafli Islamic education is an inseparable part of Islamic teachings as a whole. Therefore, the ultimate goal must be in harmony with the goal of life in Islam. Islam is a comprehensive and integrated teaching, it regulates all aspects of human life, both in worldly affairs and matters relating to the afterlife. According to Rahmat Hidayat, Islamic education is an effort to develop the potential within humans in order to achieve the level of creation as beings who have faith, knowledge and good character, and this effort is carried out by an educator. Dalam menerapkan metode pada suatu mata pelajaran Mahmud Yunus sangat memperhatikan aspek psikologis siswa sesuai dengan prinsip pertumbuhan dan perkembangan anak, ia juga menekankan pentingnya penanaman moral dalam proses belajar mengajar, pandangan Mahmud Yunus yang demikian itu memperlihatkan bahwa konsep yang dirumuskan dan disosialisasikannya itu benar-benar menyeluruh. Mencakup aspek kognitif, prikomotor dan afektif. Setelah melakukan kajian yang mendalam hasil penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Islam Mahmud Yunus baik pada aspek tujuan dan kurikulum, metode, guru, kelembagaan, dan evaluasi pendidikan Islam, perlu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk lebih menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada saat ini sebagai bagian dari kerja-kerja intelektual kita sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam menciptakan sosok-sosok muslim yang berwawasan keagamaan dan IPTEK, menjadi sosok insan kamil, bahagia dunia dan akhirat tidak hanya menjadi harapan belaka tetapi dapat mewujudkannya. KATA KUNCI : PENDIDIKAN ISLAM,MAHMUD YUNUS,KONSEP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:23
Last Modified: 21 Mar 2024 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item View Item