EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MTs N 1 BANDAR LAMPUNG

Iga, Seprianita (2024) EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MTs N 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI IGA SEPRIANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin kerja sangatlah penting untuk di terapkan karena tidak hanya bermanfaat bagi madrasah namun bermanfaat juga bagi guru itu sendiri. Akan tetapi faktanya masih terjadi disiplin kerja guru yang kurang maksimal di MTs Negeri 1 Bandar Lampung, terkadang masih ada beberapa guru yang datang dan pulang tidak tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati bersama dan masih terdapat guru yang masuk kelas terlambat sehingga materi pelajaran belum tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mengetahui proses efektivitas supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung yang berkaitan tentang: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindak Lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu sumber data yang di kumpulkan secara langsung dari informasi yakni kepala madrasah, waka kurikulum dan pendidik. Sedangkan sumber data sukunder yakni data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari madrasah. Uji Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : kepala madrasah dalam proses melaksanakan supervisi akademik di MTs Negeri 1 Bandar Lampung membuat perencanaan berdasarkan tujuan madrasah, yang dalam hal ini dilakukan secara bersama tim supervisi akademik dan beberapa guru senior. Supervisi akademik menentukan sasaran kepada guru-guru yang melanggar aturan dan menetpakan jadwal. Dalam kegiatan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah melakukanya dalam kegiatan pelaksanaan, rapat guru, pengamatan, obeserviasi. Kemudian dalam kegiatan pelaksanaan guru telah merealisasikan peraturan yang telah direncanakan sebelumnya dari disiplinan kehadiran serta disiplin dalam memakai seragam kerja yang telah ditentukan.untuk tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah memberikan bimbingan kepada guru khususnya tentang permasalah disiplin dengan mengadakan pertemuan individual. Kata kunci: Supervisi Akademik, Kepala Madrsah, Kedisiplinan iii ABSTRACT Work discipline is very important to apply because it is not only beneficial for the madrasah but also for the teachers themselves. However, in reality, the work discipline of teachers at MTs Negeri 1 Bandar Lampung is still not optimal, sometimes there are still some teachers who come and go home not on time according to the mutually agreed schedule and there are still teachers who go to class. late so that the lesson material has not been achieved properly. optimal. This research aims to obtain information and determine the process of effectiveness of madrasa head academic supervision in improving teacher discipline at MTs Negeri 1 Bandar Lampung relating to: Planning, Implementation, Follow-up. The research method used is descriptive qualitative with field research type. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The data source in this research uses primary data, namely data sources collected directly from information, namely the head of the madrasah, head of curriculum and educators. Meanwhile, secondary data sources are documentation data and other supporting data obtained from madrasas. Data validity testing was carried out by source triangulation and technical triangulation. Data analysis in this research uses data reduction, data presentation and conclusions. The results of this research show that: the head of the madrasah, in the process of carrying out academic supervision at MTs Negeri 1 Bandar Lampung, makes plans based on the objectives of the madrasah, which in this case is carried out together with the academic supervision team and several senior teachers. Academic supervision determines targets for teachers who violate rules and sets schedules. In carrying out academic supervision activities, the head of the madrasah carries out implementation activities, teacher meetings, observations and observations. Then, in the implementation activities, the teacher has realized the previously planned regulations regarding attendance discipline and discipline in wearing the work uniform that has been determined. For follow-up academic supervision, the madrasa head provides guidance to teachers, especially regarding disciplinary issues, by holding individual meetings. Keywords: Academic Supervision, Head of Madrsah, Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:07
Last Modified: 21 Mar 2024 05:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32853

Actions (login required)

View Item View Item