PERAN KEGIATAN QASIDAH SHALAWAT AL-BARZANJI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN REMAJA DI DESA TRIMODADI KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

DINDA, AYUNI FADDILA (2024) PERAN KEGIATAN QASIDAH SHALAWAT AL-BARZANJI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN REMAJA DI DESA TRIMODADI KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DINDA AYUNI 1,3,5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA AYUNI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masa remaja merupakan periode pencarian identitas diri, sehingga remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan, apabila tahap perkembangan remaja tidak dibentengi dengan nilai-nilai agama atau nilai-nilai moral maka remaja dapat menjadi pribadi yang tidak baik. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya kegiatan Qasidah Shalawat Al-Barzanji yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman remaja di Desa Trimodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai keislaman pada kegiatan Qasidah Shalawat Al-Barzanji mengetahui peran kegiatan Qasidah Shalawat Al-Barzanji dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan keagamaan bagi remaja di Desa Trimodadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. dan menggunakan pendekatan teologis normatif dan sosiologis. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai analisis yaitu teori kontrol sosial Travic Hirschi dan teori struktural fungsional Tallcot Parson. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan informan yang terdiri dari satu orang informan kunci, 4 orang informan utama dan 14 informan tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengambilan kesimpulan yaitu dengan metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai keislaman pada kegiatan Qasidah Shalawat Al-Barzanji dari segi komponen utama agama Islam, terbagi menjadi nilai syariat, nilai akidah dan nilai akhlak. Nilai syariat yang terlihat pada perilaku remaja dapat dilihat dari kebiasaan mereka dalam kegiatan sehari-hari seperti tolong menolong, mengerjakan sholat lima waktu dan berjamaah, melaksanakan puasa wajib, bertadarus, mengaji Al-Quran dan ibadah�ibadah lainnya. Nilai akidah tercermin pada perilaku mereka dalam berkata tidak lagi berbohong, dan takut melakukan perbuatan dosa. Nilai akhlak tercermin pada perilaku remaja dalam menghormati orang tua, berkata sopan, dan tidak lagi mnegeluarkan kata-kata kotor. Peran kegiatan Qasidah Shalawat Al-Barzanji dalam menanamkan nilai-nilai sosial keagamaan bagi remaja di Desa Trimodadi yaitu membangun perilaku remaja yang bertanggung jawab, berbudi pekerti luhur, mandiri, tolong menolong dan memiliki jiwa solidaritas yang tinggi. Kata kunci: Peran, Nilai-Nilai Keislaman, Perilaku Remaja.ABSTRACT Adolescence is a period of searching for self-identity, so that adolescents are very easily influenced by the environment. If the adolescent's developmental stage is not fortified by religious or moral values, adolescents can become bad individuals. One thing that can be done is by holding the Qasidah Shalawat Al-Barzanji activity which aims to instill Islamic values in teenagers in Trimodadi Village. This research aims to describe and find out the Islamic values in Qasidah Shalawat Al-Barzanji activities to find out the role of Qasidah Shalawat Al-Barzanji activities in instilling social and religious values for teenagers in Trimodadi Village. This research uses qualitative methods with descriptive research characteristics. and uses a normative theological and sociological approach. This research uses two theory for the analysis, Travic Hirschi’s social control theory and Tallcot Parson's functional structural theory. This research used a purposive sampling technique to determine informants consisting of one key informant, 4 main informants and 14 additional informants. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. This research uses data analysis methods, namely data reduction, data presentation and data verification. Conclusions are drawn using the deductive method. The results of this research show that the Islamic values in the Qasidah Shalawat Al-Barzanji activities in terms of the main components of the Islamic religion, are divided into sharia values, creed values and moral values. Sharia values that can be seen in teenagers' behavior can be seen from their habits in daily activities such as helping each other, praying five times a day and in congregation, carrying out obligatory fasting, performing tadarus, reciting the Qur’an and other religious services. The value of the faith is reflected in their behavior in saying that they will no longer lie and are afraid of committing sins. Moral values are reflected in teenagers' behavior in respecting their parents, speaking politely, and no longer using dirty words. The role of Qasidah Shalawat Al-Barzanji activities in instilling socio-religious values for teenagers in Trimodadi Village is to build the behavior of teenagers who are responsible, have noble character, are independent, mutually helpful and have a high spirit of solidarity. Keywords: Roles, Islamic Values, Adolescent Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:23
Last Modified: 21 Mar 2024 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32847

Actions (login required)

View Item View Item