FUNGSI PLATFORM ALIFIQRA.LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA GENERASI MILENIAL KOTA BANDAR LAMPUNG

ALPAN, FADIL (2024) FUNGSI PLATFORM ALIFIQRA.LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA GENERASI MILENIAL KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PEPRUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALPAN FADIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Karya ilmiah ini berjudul “Fungsi Platform Alfiqra.Lampung Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Generasi Milenial Kota Bandar Lampung”, adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran platform Alifiqra.Lampung dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an pada generasi milenial?, Apa faktor yang mendukung dan menghambat peran platform Alifiqra.Lampung dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an pada generasi milenial??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Platform Alfiqra.Lampung Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Generasi Milenial”, dan mengetahui langkah�langkah apa saja yang di lakukan Alifiqra.Lampung dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an pada generasi milenial. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti terlebih dahulu mengobservasi kegiatan yang di lakukan oleh Alifiqra. Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Generasi Milenial Hasil penelitian adalah 1) Strategi menghafal Alquran dilalukan melalui tiga strategi yaitu: a) Strategi Talaqqi, santri dan ustadz (pengampu) tahfidz melakukan pembelajaran secara langsung; b) Strategi Pengulangan, strategi yang dilakukan saat pembelajaran tahfidz bersama pengampu (talaqqi); c) Strategi mengaji dan pengkaji, strategi yang dititik beratkan kepada pengetahuan peserta tahfidz akan bacaan dan pemahaman Alquran secara sempurna. 2) Strategi menjaga hafalan Alquran menggunakan strategi pengulangan hafalan melalui tiga tekhnis pembelajaran, yaitu a) Strategi pengulangan individu, dimana strategi ini dilakukan oleh setiap peserta tahfidz minimal dua kali sehari; b) Strategi pengulangan kolektif, dimana strategi dilakukan setiapa bulan oleh semua peserta tahfidz dengan bekerjasama; dan c) Strategi pengulangan pengampu, merupakan strategi yang dilakukan dengan bimbingan langsung dari pengampu Kata kunci Tahfidz Alquran, Generasi Milenial,Alifiqra iii ABSTRACT This scientific work is entitled "The Role of the Alfiqra.Lampung Platform in Improving the Al-Qur'an Reading Ability of the Millennial Generation", the problem formulation in this research is: What is the role of the Alifiqra.Lampung platform in improving the Al-Qur'an reading ability of the Millennial Generation? millennial generation?, What factors support and hinder the role of the Alifiqra.Lampung platform in improving the ability to read the Koran in the millennial generation??. The purpose of this research is to find out the role of the Alfiqra.Lampung Platform in improving the ability to read the Qur'an in the Millennial Generation," and to find out what steps Alifiqra.Lampung has taken in improving the ability to read the Qur'an in the generation millennial. This research is field research. In this research the author used a qualitative descriptive research method, where the researcher first observed the activities carried out by Alifiqra. In Improving the Ability to Read the Al-Qur'an in the Millennial Generation The results of the research are 1) The strategy for memorizing the Koran is carried out through three strategies, namely: a) Talaqqi strategy, students and tahfidz ustadz (teachers) carry out direct learning; b) Repetition Strategy, a strategy carried out when learning tahfidz with tutors (talaqqi); c) Recitation and review strategy, a strategy that focuses on the tahfidz participant's knowledge of reading and understanding the Koran perfectly. 2) The strategy for maintaining memorization of the Koran uses a rote repetition strategy through three learning techniques, namely a) Individual repetition strategy, where this strategy is carried out by each tahfidz participant at least twice a day; b) Collective repetition strategy, where the strategy is carried out every month by all tahfidz participants in collaboration; and c) The teacher's repetition strategy, is a strategy carried out with direct guidance from the teacher Keywords Tahfidz Al-Quran, Millennial Generation, Alifiqr

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:57
Last Modified: 20 Mar 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32845

Actions (login required)

View Item View Item