PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Nasabah BSI KCP Kedaton Bandar Lampung)

REVA, SULISTIANY (2024) PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Nasabah BSI KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Reva Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan usaha syariah yang paling berkembang pesat dimasyarakat adalalah layanan gadai emas syariah. Hal tersebut dikarenakan terus meningkatnya harga emas. Peningkatan harga tersebut disebabkan karena emas memiliki nilai intrinsik yang lebih stabil dan tahan inflasi dibandingkan mata uang kertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaahui apakah Brand Image berpengaruh terhadap keputusan memilih produk gadai emas, apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan memilih produk gadai emas, apakah Pengetahuan Nasabah berpengaruh terhadap keputusan memilih produk gadai emas, mengetahui bagaimana pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan nasabah terhadap keputusan memilih produk gadai emas dalam perspektif Islam. Jenis penilitian ini adalah penilitian lapangan. Pengumpulan data dari nasabah dilakukan secara langsung di lapangan dengan membagikan angket atau kuesioner. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dan berdasarkan perhitungan rumus slovin ditentukan jumlah sampel 76 responden. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Brand Image berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk gadai emas. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk gadai emas. Pengetahuan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk gadai emas. Dan terdapat pengaruh scara bersama-sama antara Variabel Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Nasabah terhadap keputusan memilih produk gadai emas di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Kata Kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Nasabah, Keputusan Memilih, Produk Gadai Emas iii ABSTRACK One of the sharia business activities that is growing most rapidly in society is the sharia gold pawn service. This is due to the continued increase in gold prices. This price increase is due to the fact that gold has a more stable intrinsic value and is inflation resistant compared to paper currency. The aim of this research is to analyze whether Brand Image influences the decision to choose a gold pawn product, analyze whether Service Quality influences the decision to choose a gold pawn product, analyze whether Customer Knowledge influences the decision to choose a gold pawn product, analyze how Brand Image, Service Quality and Customer knowledge of the decision to choose gold pawn products from an Islamic perspective. This type of research is field research. Data collection from customers is carried out directly in the field by distributing questionnaires. Meanwhile, the approach used in this research is a quantitative approach. The sample was determined using probability sampling techniques and based on the Slovin formula calculation, a sample size of 76 respondents was determined. The results of this research explain that Brand Image has a negative and significant effect on the decision to choose a gold pawn product. Service quality has a positive and significant effect on the decision to choose a gold pawn product. Customer knowledge has a positive and significant effect on the decision to choose a gold pawn produc . And there is a joint influence between Brand Image, Service Quality and Customer Knowledge variables on the decision to choose gold pawning products at BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Keywords: Brand Image, Service Quality, Customer Knowledge, Choosing Decisions, Gold Pawn Products

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:21
Last Modified: 20 Mar 2024 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32835

Actions (login required)

View Item View Item