DAMPAK PERNIKAHAN DINI KARENA TEKANAN SOSIAL TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi pada Desa Subang Jaya Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah)

ELSA, JUPITA (2024) DAMPAK PERNIKAHAN DINI KARENA TEKANAN SOSIAL TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi pada Desa Subang Jaya Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ELSA JUPITA  1-2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELSA JUPITA full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan dini sangat berpengaruh terhadap kehidupan suami istri muda, dengan permasalahan-permasalahan yang cukup kompleks yang sulit untuk dipecahkan. Terutama pernikahan dini dengan usia yang relatif muda dan tidak jauh berbeda antara dua individu. Secara psikologis mereka masih memiiki tingkat emosi yang lebih tinggi dibanding dengan pasangan yang telah dewasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pasangan untuk mewujdkan Keharmonisan Rumah Tangga dalam Pernikahan Dini di Desa Subang Jaya Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah dan Bagaimana dampak pernikahan dini karna tekanan sosial terhadap keharmonisan rumah tangga di desa Subang Jaya kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pasangan untuk mewujdkan Keharmonisan Rumah Tangga dalam Pernikahan Dini di Desa Subang Jaya Kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui dampak pernikahan dini karna tekanan sosial terhadap keharmonisan rumah tangga di desa Subang Jaya kecamatan Bandar Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini lapangan (field research) bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pasangan untuk mewujudkan keharmonisan rumah tangga dalam pernikahan dini, adanya rasa saling percaya, saling menghormati, saling memberi pengertian, saling memberi perhatian dan terbuka satu sama lain serta saling meluangkan waktu serta Dampak pernikahan dini karena tekanan sosial terhadap keharmonisan rumah tangga yaitu, pasangan pertama masalah kesejahteraan emosional, dan faktor ekonomi yang mengakibatkan kedua pasangan ini kurang iii harmonis, pasangan kedua kurangnya pendidikan dan kurangnya ekonomi namun pasangan tersebut berusaha untuk mencukupi keluarga mereka yang mengakibatkan kurang harmonis dan pasangan ketiga kurangnya pengambilan keputusan yang kurang bijaksana dalam memahami antar pasangan sehingga risikonya dapat mengakibatkan tingginya angka perceraian yang hasilnya kurang harmonis Dapat disimpulkan dari ketiga pasangan tersebut menimbulkan pasangan itu kurang harmonis dan tidak harmonis. Kata Kunci : Pernikahan Dini, Tekanan Sosial, Keharmonisan Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:47
Last Modified: 20 Mar 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32827

Actions (login required)

View Item View Item