TINJAUAN SIYASAH TANFI’ZIYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG PELAKSANAAN UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Oku Timur)

Refita, Aprelia (2024) TINJAUAN SIYASAH TANFI’ZIYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG PELAKSANAAN UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Oku Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI REFITA APRELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aspek kesejahteraan lanjut usia (lansia) yang sering terabaikan adalah kesejahteraan spiritual keagamaan. Padahal, kesejahteraan spiritual sangat penting bagi lansia untuk menghadapi perubahan-perubahan dalam hidup mereka, seperti penyakit, kesepian, dan kematian. Kegiatan keagamaan dapat memberikan dukungan, harapan, dan makna bagi lansia. Namun, dinas sosial kurang memberikan perhatian dan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan spiritual lansia. Misalnya, tidak tersedianya tempat ibadah, bimbingan rohani, atau pengajian yang sesuai dengan latar belakang agama lansia. Akibatnya, lansia merasa terasingkan, tidak dihargai, dan tidak bahagia. Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia merupakan aturan yang mengatur tentang pelayanan keagamaan dan spritual. Rumusan Masalah ini : 1) Bagaimana Implementasi Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia? 2) Bagaimana pandangan Siyasah Tanfi’ziyah terhadap Implementasi Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia? Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diambil secara langsung, dan data sekunder diambil dari Buku, Skripsi, dan Jurnal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur telah di implementasikan dengan bekerja sama, bersama Pemerintah Desa dengan merencanakan, mengevaluasi dan kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan sumber daya yaitu anggaran dan stake holder. Pandangan siyasah tanfi’ziyah bahwa implementasi Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur telah menjalankan kewajiban sebagai pemerintah yang bertanggung jawab dengan telah mengimplememtasikan, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan spritual lanjut usia. Kata Kunci : Kesejahtraan Lanjut Usia, Agama dan Sepiritual, Dinas Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:24
Last Modified: 20 Mar 2024 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32817

Actions (login required)

View Item View Item