ANALISIS SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 37 TAHUN 2008 TENTANG OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA (Studi di Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung)

FATIMAH, RIZKIYANTI (2024) ANALISIS SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 37 TAHUN 2008 TENTANG OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA (Studi di Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATIMAH RIZKIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penyelenggaraan pengawasan pelayanan publik adalah suatu sistem pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia, yang mana setiap daerah provinsi memiliki perwakilan ombudsman masing-masing. Permasalahan-permasalahan tersebut terdapat pada sistem pengawasan ombudsman yang kurang efektif salah satunya ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung permasalahan yang disebabkan karena adanya faktor penghambat dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya faktor tersebut menjadi sebagai permasalahan terbesar ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung karena menyebabkan adanya sistem pengawasan serta pencegahan yang kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia di ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dan Bagaimana Analisis Siya>sah Tanfiz\iyah Terhadap Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia di ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung. Tujuan dari permasalahan ini untuk mengetahui Implementasi Undang-Undang Nomor 37 Tahuna 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia di ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dan untuk mengetahui Analisis Siya>sah Tanfiz\iyah Terhadap Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia di Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Dalam pengumpulan data melalui metode informan dipilih untuk menentukan informasi dalam penelitian. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. iv Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, implementasi yang dilaksanakan Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung dalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia, karena sistem pengawasan terhadap pelayanan publik serta pencegahan maladministrasi dilakukan secara sistem random. Karena sarana dan prasarana dalam melakukan pengawasan pelayanan publik dan pencegahan maladministrasi tersebut kurang memadai, baik dari segi finansial (keuangan) maupun sosialiasi yang kurang diberikan kepada masyarakat atau instansi pelayanan publik. Pandangan siya>sah tanfiz\iyah penyelenggaraan pengawasan terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh ombudsman Republik Indonesia sudah sesuai dengan syariat Islam karena telah memenuhi prinsip musyawarah, prinsip tolong menolong dan membela, namun tidak sepenuhnya terlaksana karena belum memenuhi prinsip keadilan, kemaslahatan masyarakat dan penegakan ketertiban. Kata Kunci: Ombudsman, Pelayanan Publik, Siya>sah Tanfiz\iyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:40
Last Modified: 19 Mar 2024 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32801

Actions (login required)

View Item View Item