PENERAPAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM INTERAKSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSOLIHIN, DESA PURWODADI MEKAR KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Ning, Arizka Putri (2024) PENERAPAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM INTERAKSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSOLIHIN, DESA PURWODADI MEKAR KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NING ARIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Islam adalah komunikasi untuk mendatangkan keselamatan dan kedamaian melalui sikap mematuhi perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Berkaitan dengan hal tersebut, seorang ustadz dan ustadzah dalam pondok pesantren harus mampu memberikan pengajaran terhadap santri dalam menerapkan komunikasi Islam yang tujuannya untuk membentuk akhlak yang baik pada santri supaya terbangun hubungan interaksi yang baik dan berbicara santun. Fokus penelitian ini terdapat pada komunikasi yang diterapkan ustadz dan ustadzah dalam upaya membangun interaksi yang baik. Rumusan masalah yang terkaji pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan komunikasi Islam dalam interaksi santri di Pondok Pesantren Darussolihin, Desa Purwodadi Mekar, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur dengan tujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi Islam dalam interaksi santri di Pondok Pesantren Darussolihin, Desa Purwodadi Mekar, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif, yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan yang dihasilkan dari orang-orang yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang ada di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari pengurus pondok pesantren, sedangkan sumber data sekunder diambil melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode analisis data. Berdasarkan teori komunikasi islam bahwa terciptanya komunikasi yang baik adalah dengan dengan menerapkan prinsip�prinsip dan kaedah yg terdapat dalam alqur'an dan hadits. Maka hasil penelitian ini menunjukkan beberapa santri pondok pesantren membutuhkan pembinaan dan bimbingan dari ustadz dan ustadzah karena memiliki komunikasi yang buruk terhadap sesama, ustadz dan ustadzah bahkan terhadap orang tua. Hal ini ditunjukkan dari hasil iv wawancara dan observasi beberapa responden berpendapat bahwa santri yang komunikasinya buruk akan mendapatkan hukuman sesuai pasal yang berlaku secara konsisten sampai terjadi perubahan dalam membangun interaksi santri dalam berkomunikasi. Kata Kunci: Komunikasi Islam, Interaksi Santri, Pondok Pesantren v ABSTRACT Islamic communication is communication to bring safety and peace through obeying the commands of Allah SWT and His Messenger. In this regard, an ustadz and ustadzah in an Islamic boarding school must be able to provide instruction to students in implementing Islamic communication, the aim of which is to form good morals in students so that they can build good interaction relationships and speak politely. The focus of this research is on the communication implemented by ustadz and ustadzah in an effort to build good interactions. The formulation of the problem examined in this research is how to apply Islamic communication in student interaction at Darussolihin Islamic Boarding School, Purwodadi Mekar Village, Batanghari District, East Lampung Regency with the aim of finding out the application of Islamic communication in student interaction at Darussolihin Islamic Boarding School, Purwodadi Mekar Village, District Batanghari, East Lampung Regency. This research uses qualitative methods with descriptive research characteristics, namely in the form of written or spoken words produced by the people observed. The type of research used is field research, namely research in the field. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Primary data sources were taken from Islamic boarding school administrators, while secondary data sources were taken through documents related to the research object. The data collection techniques used by researchers are interview methods, observation methods, documentation methods, and data analysis methods. Based on Islamic communication theory, good communication is created by applying the principles and rules contained in the Koran and Hadith. So the results of this research show that several Islamic boarding school students need coaching and guidance from ustadz and ustadzah because they have poor communication with each other, ustadz and ustadzah and even with their parents. This is shown from the results of interviews and observations, several respondents are of the opinion that students whose communication is poor will receive vi punishment according to the articles that apply consistently until changes occur in building student interactions in communication. Keywords: Islamic Communication, Santri Interaction, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:11
Last Modified: 19 Mar 2024 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32799

Actions (login required)

View Item View Item