RANTI, NURHALIZA (2024) PENERAPAN BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELAS B1 DI TK PEDESAAN NEGERI ULAK RENGAS ABUNG TINGGI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dilatar belakangi dengan rendahnya perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas B1 di TK Pedesaan Negeri Ulak Rengas Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara, dimana terdapat masih ada beberapa anak yang kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf dikarenakan masih kurang nya metode yang dapat menunjang pembelajaran membaca permulaan di TK Pedesaan Negeri Ulak Rengas Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara, subjek dari penelitian ini berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki – laki dan 8 anak perempuan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin sedangkan pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Membaca permulaan adalah proses anak dalam belajar memahami kata-kata tertulis, dimana mereka dapat mengenali huruf dan menyuarakan atau mengekspresikan nya, serta dapat menyusun huruf menjadi kata dan kata menjadi suatu kalimat sederhana. brain gym (senam otak) merupakan serangkaian gerak sederhana dan menyenangkan yang ditujukan untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan fungsi keseluruhan otak yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui Penerapan Brain Gym Pada anak usia 5-6 tahun kelas B1 di TK Pedesaan Negeri Ulak Rengas Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan brain gym dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas B1 di TK Pedesaan Negeri Ulak Rengas Abung Tinggi Lampung Utara. hal ini di dapat dilihat dari adanya peningkatan dari pra penelitian hingga pelaksanaan setiap siklus. pada siklus I data yang diperoleh dari penilaian dan evaluasi diketahui bahwa di peroleh 6 orang anak atau 37,5% dari jumlah anak memenuhi kriteria berkembang Cukup Baik (C) , 8 orang anak atau 50% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria Berkembang Baik (B), dan 2 orang anak atau 12,5% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria Berkembang Sangat Baik (SB) . pada siklus II diketahui bahwa dari jumlah anak yang memenuhi kriteria berkembang Cukup baik (C) sudah tidak ada, yang memenuhi kriteria Berkembang Baik (B) menjadi 3 orang anak atau 18,75% dan yang Berkembang Sangat Baik (SB) menjadi 13 anak atau 81,25%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan brain gym dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun kelas B1 di TK Pedesaan Negeri Ulak Rengas Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Senam Otak iv ABSTRACT This thesis is motivated by the low level of development of initial reading skills in class B1 children at Ulak Rengas State Rural Kindergarten, Abung Tinggi District, North Lampung Regency, where there are still some children who have difficulty recognizing and naming letter symbols due to the lack of methods that can support learning. beginning reading at the Ulak Rengas State Rural Kindergarten, Abung Tinggi District, North Lampung Regency, the subjects of this research were 16 children consisting of 8 boys and 8 girls. This research is classroom action research using the Kurt Lewin model, while data collection is used by observation and documentation. Beginning reading is the process of children learning to understand written words, where they can recognize letters and sound or express them, and can arrange letters into words and words into simple sentences. Brain gym is a series of simple and fun movements aimed at balancing and optimizing the overall function of the brain which can be used to improve learning abilities. This research aims to find out how to improve beginning reading skills through the application of Brain Gym in children aged 5-6 years in class B1 at the Ulak Rengas State Rural Kindergarten, Abung Tinggi District, North Lampung Regency. The conclusion of this research is that the application of brain gym can improve the beginning reading skills of class B1 children in the Ulak Rengas Abung Tinggi State Rural Kindergarten, North Lampung. This can be seen from the increase from pre-research to implementation of each cycle. In cycle I, the data obtained from the assessment and evaluation showed that 6 children or 37.5% of the total number of children met the criteria for developing quite well (C), 8 children or 50% of the total number of children met the criteria for developing well (B). ), and 2 children or 12.5% of the total number of children who meet the criteria for Very Well Developed (SB). in cycle II it was discovered that the number of children who met the criteria for Sufficiently Developed (C) no longer existed, those who met the criteria for Well Developed (B) became 3 children or 18.75% and those who Developed Very Well (SB) became 13 children or 81 .25%. Thus it can be concluded that the application of brain gym can improve the beginning reading skills of children aged 5-6 years in class B1 in the Ulak Rengas State Rural Kindergarten, Abung Tinggi District, North Lampung Regency. Keywords: Beginning Reading Ability, Brain Exercise
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:02 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:23 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32794 |
Actions (login required)
View Item |