PENERAPAN METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BARADATU KABUPATEN WAY KANAN

Mega, Silvia (2024) PENERAPAN METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BARADATU KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MEGA 1-2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEGA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode Ummi adalah salah satu metode membaca Al-Qur‟an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Kesulitan yang dialami Guru PAI di SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan ketika mengajarkan materi membaca al-Qur‟an adalah siswa susah memahami tentang makhraj huruf dan tajwid. Oleh sebab itu, Guru PAI menggunakan metode Ummi pada saat menjelaskan materi makhraj huruf dan tajwid. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai “Penerapan Metode Ummi Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Ummi untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Responden yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Guru Agama Islam dan para siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan. Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam selama 30 menit. Metode Ummi melalui 7 tahapan yaitu pembukaan, appersesi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan atau latihan, evaluasi, dan penutup. Dengan menggunakan metode Ummi, siswa sudah terampil membaca Al-Qur‟an dengan lancar, berhati-hati dalam melafadzkan bacaan�bacaan Al-Qur‟an, siswa terampil membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, mampu merasakan dan berhenti membaca ketika salah dalam bacaan Al-Qur‟an. Kata kunci : Metode Ummi, Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Siswa. iv ABSTRACT The Ummi method is a method of reading the Al-Qur'an that directly includes and practices tartil reading in accordance with the rules of the science of tajwid. The difficulty experienced by PAI teachers at SMP Negeri 2 Baradatu, Way Kanan Regency when teaching material on reading the Koran is that students have difficulty understanding makhraj letters and tajwid. Therefore, PAI teachers use the Ummi method when explaining makhraj letters and recitation material. Based on the background above, the author is interested in discussing further regarding "Application of the Ummi Method to Improve Al-Qur'an Reading Skills in Class VIII Students at SMP Negeri 2 Baradatu, Way Kanan Regency. The problem formulation in this research is how to apply the Ummi method to improve Al-Qur'an reading skills in Class VIII Students at SMP Negeri 2 Baradatu, Way Kanan Regency? This research includes field research and uses qualitative research methods. The respondents that researchers used in this research were Islamic Religion Teachers and students of Class VIII A of SMP Negeri 2 Baradatu, Way Kanan Regency. Based on the results of the discussion, it can be concluded that the application of the Ummi method in improving the Al-Qur'an reading skills of Class VIII students at SMP Negeri 2 Baradatu, Way Kanan Regency was carried out during the 30 minute learning of Islamic Religious Education subjects. The Ummi method goes through 7 stages, namely opening, appersession, concept planting, concept understanding, skills or practice, evaluation, and closing. By using the Ummi method, students are skilled at reading the Al-Qur'an fluently, are careful in reciting Al-Qur'an readings, students are skilled at reading the Al-Qur'an correctly according to the rules of the science of recitation, are able to feel and stop read when wrong in reading the Al-Qur'an. Keywords: Ummi Method, Al-Qur'an Reading Skills, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:53
Last Modified: 19 Mar 2024 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32793

Actions (login required)

View Item View Item