PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS, KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA

Niki, Nur Nabila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS, KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi (Niki Nur Nabila_1911050371) pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan analisis matematis, kemampuan berpikir reflektif dan kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan dasar matematika yang perlu dimiliki siswa sebagai pendukung ketika proses pembelajaran dan menyelesaikan berbagai persoalan matematika. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tujuan penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di kelas VIII A sebagai kelas kontrol dalam penelitian dan VIII B sebagai kelas eksperimen di MTs Negeri 1 Lampung Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui 1) Pengaruh antara kemampuan analisis matematis, kemampuan berpikir reflektif dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 2) Pengaruh antara kemampuan analisis matematis dan kemampuan berpikir reflektif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 3) Pengaruh antara kemampuan analisis matematis dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori 4) Pengaruh antara kemampuan berpikir reflektif dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 5) Pengaruh dalam kemampuan analisis matematis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 6) Pengaruh dalam kemampuan berpikir reflektif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 7) Pengaruh dalam kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori. yang digunakan dalam pengambilan sampel ini yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan iii perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji manova dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh antara kemampuan analisis matematis, kemampuan berpikir reflektif dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 2) Terdapat pengaruh antara kemampuan analisis matematis dan kemampuan berpikir reflektif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 3) Terdapat pengaruh antara kemampuan analisis matematis dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori 4) Terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir reflektif dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 5) Terdapat pengaruh dalam kemampuan analisis matematis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 6) Terdapat pengaruh dalam kemampuan berpikir reflektif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori, 7) Terdapat pengaruh dalam kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ekspositori. Kata Kunci: Kemampuan Analisis Matematis, Kemampuan Berpikir Reflektif Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:08
Last Modified: 19 Mar 2024 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32788

Actions (login required)

View Item View Item