UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MTS MATHLA’UL ANWAR NAPAL TANGGAMUS

Anggi, Mufidah (2024) UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MTS MATHLA’UL ANWAR NAPAL TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI ANGGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

BSTRAK Komunikasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat termasuk orang tua murid merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yang dibutuhkan pendidikan. Keterlibatan orang tua di sekolah berpengaruh pada keberhasilan akademik dan juga penyesuaian psikososial yang positif. Keterbukaan dalam setiap pelaksanaan program di sekolah juga berdampak pada citra sekolah yang kemudian berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat. Penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk metode naratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam wawancara yaitu Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Hubungan Masyarakat (Humas). Analisis data dalam penelitian ini menggunakaan teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Sedangkan teknik memeriksa keabsahan data, peneliti hanya menggunakan teknik triangluasi teori. Hasil penelitian ini mengenai upaya madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Mathla‟ul Anwar Napal Tanggamus telah terlaksana dengan baik. Adapun upaya sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dengan tiga unsur, yaitu: Menjalin komunikasi yang efektif dengan Orang Tua dan masyarakat, melibatkan masyarakat dan Orang Tua dalam program sekolah dan mengundang masyarakat dalam rapat tahunan sekolah. 1) Sekolah dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan Orang Tua dan masyarakat sangat terbuka dalam meberikan keluhan, saran dan terdapat kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendidik. 2) Sekolah dalam melibatkan masyarakat dan Orang Tua dalam program sekolah seperti acara-acara dengan menampilkan kemampuan siswa dan mengundang kehadiran masyarakat/orang tua. Supaya terjalin komunikasi supaya terjalin silahturahmi antara guru dan wali murid agar hubungannya harmonis dan supaya wali murid juga merasa memiliki dengan madrasah. Setiap tahun diadakan acara-acara keagamaan atau perpisahan, atau acara-acara tertentu yang sifatnya dadakan melihat situasi dan kondisi semua warga sekolah ikut serta dalam rangka menjalin silaturahmi. 3) Mengundang masyarakat dalam rapat tahunan sekolah secara umum hanya orang tertentu seperti tokoh�tokoh masyarakat di undang saat ada acara wali murid dan yayasan. Sekolah tetap terbuka tidak hanya kepada wali murid, tapi kepada masyarakat umum yang sekiranya mengajukan saran atau sumbangan baik materi maupun non materi. Kata Kunci: Upaya Madrasah, Partisipasi Masyarakat iv ABSTRACT Communication between educational institutions and the community including parents of students is an effort to increase community participation needed by education. The involvement of parents in school has an effect on academic success and also a positive psychosocial adjustment. Openness in every implementation of programs at school also has an impact on the school image which then affects community participation. This research uses a qualitative approach in the form of a narrative method. Data collection techniques in this research include interviews, observation and documentation. Informants in interviews were the Principal, School Committee and Public Relations (PR). Data analysis in this research uses techniques qualitative analysis which includes data collection, data reduction, data presentation and conclusion or verification of data. Meanwhile, the technique of checking the validity of the data is only for the researcher using theoretical triangulation techniques. The results of this research are regarding madrasah efforts to increase community participation in MTs Mathla'ul Anwar Napal Tanggamus has been implemented well. As for effort schools in increasing community participation with three elements, namely: Establishing effective communication with parents and the community, involving the community and Parents in school programs and inviting the community to annual meetings school. 1) The school maintains effective communication with parents and The community is very open in providing complaints, suggestions and there is cooperation between teachers and parents in educating. 2) Schools involve the community and people Old in school programs such as events by showcasing students' abilities and invite the presence of the community/parents. So that communication can be established friendship between teachers and student guardians so that the relationship is harmonious and so that the student's parents also feel a sense of belonging to the madrasa. Every year religious events are held or farewells, or certain events that are impromptu considering the situation and conditions of all The school community participates in order to build friendship. 3) Invite the community In general, at the school's annual meeting, only certain people, such as figures, are generally included the community is invited when there are parent and foundation events. Schools remain open only to parents, but to the general public who may submit suggestions or donations, both material and non-material. Keywords: Madrasah efforts, Community Participation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:51
Last Modified: 19 Mar 2024 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32787

Actions (login required)

View Item View Item