NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK DALAM KITAB SULLAM TAUFIQ KARYA SYAIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BA’ALAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER

Devi, Yulianti (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK DALAM KITAB SULLAM TAUFIQ KARYA SYAIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BA’ALAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DEVI  1-2 dan dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI  full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan karakter remaja hanya dapat dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskan peserta didik dari lingkungan keluarga, sekolah, dan budaya masyarakat. Masa remaja adalah masa peralihan yang ditempuh oleh seorang kanak�kanak menuju dewasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian berbasis studi penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan secara mendalam dengan menggunakan pemahaman yaitu membaca literatur, berupa sumber buku-buku, majalah, e-book, jurnal, dan sumber data-data lainnya di dalam perpustakaan dan beberapa paltform pendukung. Menurut Hilway dalam bukunya Introdutionn to Research melalui mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyidikan pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut (dalam buku Pendidikan karakter menjadi masalah utama dalam pendidikan. Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak peserta didik sebagai anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia. Relevansinya pendidikan karakter saat ini terhadap pendidikan akidah akhlak pada saat ini ialah, perlunya bimbingan dan pembentukan karakter pada peserta didik dalam membentuk karakter yang baik. Pembentukan karakter ini harus dilakukan sejak dini. Karena pembentukan karakter terbentuk sejak kecil. Apabila tidak ada pembentukan karakter sejak dini, maka sampai nanti karakter peserta didik susah diubah. Apalagi dalam hal akidah dan akhlak, pendidik dan orang tua harus mempernealkan akidah dan akhlak sejak diri agar peserta didik mampu penyuai karakter yang memiliki kesesuaian dengan akidah dan akhlak yang baik. Pendidikan karakter yang tumbuh dalam pendidikan Islam merupakan penciptaan fitrah peserta didik yang tumbuh yang bermoral karena nilai-nilai yang secara luas dan eksplisit yang disebutkan dalam al-Qur‘an dan hadits, yang iii menjadi pusat ajaran Islam. Salah satu dukungan yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan nilai karakter adalah terdapatnya komponen dan prosesdalam pendidikan akidah dan akhlak. Kata Kunci: Pendidikan, Akidah dan Akhlak, Pendidikan Karakter iv ABSTRACT The development of adolescent character can only be carried out in an educational process that does not separate students from the family, school and community culture environment. Adolescence is a transition period that a child goes through to adulthood. This type of research is research based on library research studies, namely research carried out in depth using understanding, namely reading literature, in the form of books, magazines, e�books, journals and other data sources in the library and several supporting platforms. . According to Hilway in his book Introduction to Research, he states that research is a study method carried out by someone through investigating appropriate solutions to the problem (in the book, character education is the main problem in education. Apart from being part of the process of forming students' morals as children of the nation, character education is expected to be the main foundation in increasing the level and dignity of the Indonesian nation. The relevance of current character education to moral education at this time is the need for guidance and character formation in students in forming good character. This character formation must be done from an early age. Because character formation is formed from childhood. If there is no character formation from an early age, then it will be difficult for students to change their character later. Moreover, in terms of beliefs and morals, educators and parents must introduce beliefs and morals from the very beginning so that students are able to develop characters that are in accordance with good beliefs and morals. Character education that grows in Islamic education is the creation of a moral nature for students who grow up because of the values that are broadly and explicitly mentioned in the Koran and hadith, which are the center of Islamic teachings. One support that can be used as a basis for developing character values is the existence of components and processes in faith and morals education. Keywords: Education, Faith and Morals, Character Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 08:02
Last Modified: 18 Mar 2024 09:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32785

Actions (login required)

View Item View Item