KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA PADA SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL�QUR’AN NURUL HIDAYAH DESA KEMBANG TANJUNG KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Wildan, Firdaus (2024) KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA PADA SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL�QUR’AN NURUL HIDAYAH DESA KEMBANG TANJUNG KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi WILDAN FIRDAUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi dakwah adalah sesuatu yang sangat penting bagi manusia karena manusia merupakan mahluk sosial dan komunikasi dakwah sendiri memiliki arti proses menyampaikan informasi atau pesan dari seseorang kepada seseorang, atau sekelompok orang yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist. Berdasarkan hasil prasurvey yang di lakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa santri di TPA Nurul Hidayah banyak sekali yang mengalami kemerosotan minat belajar mengaji sehingga para ustadz dan ustadzah menerapkan sebuah permainan edukatif yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mengaji. Permainan edukatif yang diterapkan diantaranya game cerdas cermat Islami, kuis agama Islam dan tajwid petualangan. Dengan ditemukanya hal tersebut didapatkan sebuah rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi dakwah melalui permainan edukatif dalam meningkatkan minat belajar pada santri dan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Komunikasi Dakwah Melalui Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Pada Santri di TPA Nurul Hidayah. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan sumber informan 10 santri, 3 pengajar, dan 1 orang pengasuh, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini meliputi buku, jurnal, karya ilmiah, dan sumber�sumber lainnya. Metode penggumpulan data menggunakan metode wawancara tatap muka langsung dengan informan, observasi langsung ke lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan teori Miles N Huberman. Teori dalam penelitian ini terdiri dari Komunikasi Dakwah, Permainan Edukatif, dan Minat Belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan didapatkan hasil bahwa TPA Nurul Hidayah menerapkan prinsip komunikasi dakwah yaitu Qaulan balighan, Qaulan ma’rufan dan Qaulan maisiran. Santri memiliki ketertarikan pada permainan edukatif sehingga minat belajar pada santri juga signifikan baik. Analisis hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap komunikasi dakwah melalui permainan edukatif di TPA Nurul Hidayah bagi para ustadz ustadzah, santri, dan wali santri didapatkan hasil bahwa komunikasi dakwah melalui permainan edukatif yang dilakukan oleh TPA Nurul Hidayah didapatkan hasil yang signifikan baik atas ketertarikan dan minat belajar santri pada pembelajaran agama Islam. Kata Kunci: Komunikasi dakwah, Permainan Edukatif, minat belajar, santri, Taman Pendidikan Al-Qur’an iii ABSTRACT Da'wah communication is something that is very urgent and important for humans because humans are social creatures and da'wah communication itself means the process of conveying information or messages from someone to someone, or a group of people, which comes from the Al-Qur'an and hadith. Based on the results of a pre-survey conducted by researchers, it was found that many students at TPA Nurul Hidayah experienced a decline in interest in learning the Koran so that the ustadz and ustadzah implemented an educational game which was expected to increase interest in learning the Koran. The educational games implemented include Islamic quiz games, Islamic religious quizzes and tajwid adventures. By finding this, a problem formulation was obtained, namely how da'wah communication through educational games can increase interest in learning among students and this research aims to find out Da'wah communication through educational games in increasing interest in studying religion among students at TPA Nurul Hidayah. This research uses field research, and this research is descriptive. This research uses a qualitative approach. Primary data in this research was determined using a purposive sampling technique with informant sources of 10 students, 3 teachers and 1 caregiver, while secondary data in this research included books, journals, scientific works and other sources. The data collection method uses direct face-to-face interviews with informants, direct observation in the field, and documentation. The data analysis technique in the research uses Miles N Huberman's theory. The theory in this research consists of Da'wah Communication, Educational Games, and Interest in Learning. Based on the results of research conducted by researchers, it was found that TPA Nurul Hidayah applies the principles of da'wah communication, namely Qaulan balighan, Qaulan ma'rufan and Qaulan maisiran. Santri have an interest in educational games so that students' interest in learning is also significant. Analysis of the results of interviews conducted by researchers regarding da'wah communication through educational games at TPA Nurul Hidayah for ustadzah ustadz, santri, and santri guardians showed that da'wah communication through educational games carried out by TPA Nurul Hidayah obtained significant results both in terms of interest and students' interest in learning Islamic religion. Keywords: Da'wah communication, educational games, interest in learning, students, Al-Qur'an Education Park

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:01
Last Modified: 18 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32779

Actions (login required)

View Item View Item