PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN DI LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

HASAN, MAR’IY (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA PONDOK PESANTREN DI LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS HASAN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya pondok tahfidz al-Qur‟an di Labuhan Ratu Bandar Lampung yang berfokus terhadap pembelajaran al-Qur‟an, dimana setiap pondok memiliki metode pembelajarannya sendiri. Oleh karena itu, dengan bervariasi metode pembelajaran al-Qur‟an peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran al-Qur‟an pada pondok pesantren di Labuhan Ratu Bandar Lampung. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah mengetahui metode apa saja yang digunakan, mengetahui langkah-langkah penerapannya, mengetahui kelebihan dan kekurangannya, serta mengetahui faktor- faktor yang mendukung dan menghambat metode yang diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber Data dalam penelitian ini terdiri dari dataprimer dan data sekunder yang berkaitan dengan penerapan metode pembelajaran al-Qur‟an. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, adalah: (1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur‟an pada Pondok Pesantren di kecamatan Labuhan Bandar Lampung adalah metode Yanbu‟a, dan Iqro‟; (2) Pembelajaran al-Qur‟an dengan menggunakan metode Yanbu‟a dilaksanakan dengan mempersiapakan perencanaan pembelajaran, melakasanakan perencanaan pembelajaran, dan evaluasi. Sedangkan pembelajaran al-Qur‟an dengan menggunakan metode Iqro‟ dilaksanakan dengan menggunakan Cara Belajar Santri Aktif (CBSA); (3) Kelebihan metode Yanbu‟a pada pembelajaran al-Qur‟an adalah sangat memperhatikan pengucapan yang benar dalam membaca huruf-huruf Arab serta ayat-ayat al-Qur'an, membantu peserta didik dalam membangun dasar yang kuat dalam membaca al-Qur'an, menggunakan rosm utsmanidan adanya penjelasan dan pembelajaran hukum tajwid dalam membaca al-Qur‟an serta pengejaran cara menulis pegon. Kekurangan metode Yanbu‟a pada pembelajaran al-Qur‟an adalah membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembelajarannya, membutuhkan pengajar yang memiliki sanad Yanbu‟a. Sedangkan kelebihan metode Iqro‟ pada pembelajaran al-Qur‟an adalah memiliki modul yang fleksibel dan menggunakan metode CBSA. Adapun kekurangan dari metode ini adalah tidak adanya penjelasan tentang huruf asli dari huruf hijaiyahdan tidak adanya pembelajaran hukum tajwid; (4) Faktor pendukung metode Yanbu‟a pada pembelajaran al-Qur‟an adalah motivasi yang dimiliki santri, kedisiplinan, buku ajar; dan sarana prasarana. faktor penghambat metode Yanbu‟a pada pembelajaran al-Qur‟an adalah: Lingkungan keluarga santri. Sedangkan faktor pendukung metode Iqro‟ pada pembelajaran al-Qur‟an adalah buku ajar, disajikan dengan tulisan huruf-huruf yang jelas. Sedangkan kekurangan dari metode ini adalah tidak adanya penjelasan tentang huruf asli dari huruf hijaiyah. Maka dapat disimpulkan bahwa metode yang lebih efektif dalam pembelajaran al-Qur‟an adalah metode Yanbua‟ dikarenakan metode ini sangat memperhatikan pengucapan lafadz yang benar dalam membaca huruf-huruf Arab serta ayat-ayat Al-Qur'an sehingga membantu peserta didik dalam membangun dasar yang kuat dalam membaca Al-Qur'an, Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Al-Qur‟an, Yanbu‟a dan Iqro‟ vii ABSTRACT The research background for this research is the emergence of the Quran Memorization Institute in Labuhan Ratu Pindar Lampung, which focuses on teaching the Quran, where each institute has its own teaching method. With the existence of the different method of teaching, the researcher is prompted to conduct research on the application of the method of teaching the Qur‟an in Labuhan Ratu Bandar Lampung institutes. The objectives of this research are to know the method used, to know the implementation steps, to know the advantages and disadvantages of the applied method, and to know the factors that support and hinder the applied method. This research describes a kind of field research with a qualitative approach. To collect data, the researcher used interview, observation, and documentation. The data for this research consisted of the main data and additional data related to the application of the method of teaching the Qur'an. The method used to analyze the data in this research is data reduction, data presentation and data verification. To test the validity of the data, the researcher used the data triangulation test. The result showed: (1) that the method used in Labuhan Ratu Pindar Lampung Institutes is the method of Yanbua‟ and Iqro‟. (2) The Qur'an is taught in a spring way through the preparation of study plans and the implementation of study plans and evaluation. As for teaching the Qur‟an using the reading method, it is done using the active learning method. (3) The advantages of the Yanbua‟ method are that it pays close attention to correct pronunciation when reading Arabic letters and verses of the Qur'an, which helps students build a strong foundation in reading the Qur'an, and uses the Uthmani. As for the defect of the Yanbua‟ method, it requires a long time in the education process, which requires a teacher who has the support of Yanboua. While the advantages of the Iqro‟ method in teaching the Qur‟an are the presence of flexible modules and the use of the active learning method. One of the disadvantages of this method is the lack of an explanation of the origin of the alphabets. (4) The factors supporting the Yanbua‟ curriculum are students' motivation, discipline, and textbooks. and infrastructure. The inhibiting factors for the Yanbua‟ method are: The students' family environment. The supporting factors for the Iqro‟ method are textbooks that are presented in clear letters. While the disadvantage of this method is that there is no interpretation of the original letters.It can be concluded that a more effective method in learning the Qur'an is the Yanbua' method because this method pays great attention to the correct pronunciation of lafadz in reading Arabic letters and verses of the Qur'an so as to help students build a good foundation. strong in reading the Koran, Keywords: Learnig Method, Al-Qur‟an, Yanbu‟a and Iqro‟

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:19
Last Modified: 18 Mar 2024 10:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32765

Actions (login required)

View Item View Item