DAMPAK TERAPI ZIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Aulia, Wulan Pratiwi (2024) DAMPAK TERAPI ZIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Aulia Wulan Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT THE IMPACT OF ZIKIR THERAPY STUDENTS LEARNING OUTCOMES IN THE AKIDAH AKHLAK SUBJECT By: AULIA WULAN PRATIWI Zikr therapy is one way to help students increase their concentration in learning in order to obtain maximum learning results. The impact of reading zikr is that students can gain peace of mind so that the learning process can run well. The remembrance therapy applied at the MAN 1 Central Lampung school is by reading the Al-Ma'tsurat recitation which is done after performing the dhuha prayer. Therefore, the aims of this research were: 1) to find out how the zikr therapy is implemented at MAN 1 Central Lampung and 2) to find out what the students' learning outcomes are after doing it. This research was a type of field research which is descriptive-analytic in nature. In this research, researchers used data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used in this research were data reduction, display (data presentation), and conclusion or verification (drawing and conclusions). Based on the research results, it can be concluded that there were three stages in implementing zikr therapy at MAN 1 Central Lampung, especially in the Aqidah Akhlak subject, including planning, implementation and assessment. Zikr herapy is carried out before the learning process is carried out and students are asked to recite several sentences of zikr after that the learning process begins. The implementation of zikr therapy at MAN 1 Central Lampung ran effectively, resulting in an increase in student learning outcomes in the Aqidah Akhlak subject, namely 80% of students achieved the Minimum Completeness Criteria (KKM) score. So it can be concluded that the application of zikr therapy can help students improve student learning outcomes in the Aqidah Akhlak subject at MAN 1 Central Lampung. Keywords: Zikr Therapy, Field Research, Akidah Akhlak iii ABSTRAK DAMPAK TERAPI ZIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Oleh: AULIA WULAN PRATIWI Terapi zikir merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam menumbuhkan konsentrasi belajar agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Dampak setalah membaca zikir siswa dapat memperolah ketengangan jiwa sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Terapi zikir yang diterapkandi sekolah MAN 1 Lampung Tengah yaitu dengan membaca bacaan zikir Al-Ma’tsurat yang dilakukan setelah melaksanakan solat dhuha. Maka dengan itu, tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan terapi zikir yang ada di MAN 1 Lampung Tengah dan 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah melakukan terapi zikir di MAN 1 Lampung Tengah khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-analisis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), display (penyajian data), dan conclusion atau verification (penarikan dan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaan terapi zikir di MAN 1 Lampung Tengah khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Terapi zikir dilakukan sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan siswa diminta untuk membacakan beberapa kalimat zikir setelah itu proses pembelajaran dimulai. Pelaksanaan terapi zikir di MAN 1 Lampung Tengah berjalan dengan efektif, sehingga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu 80% siswa yang mencapai nilai Kriteria Minimum Ketuntasan (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan terapi zikir dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Lampung Tengah. Kata Kunci : Terapi Zikir, Field Research, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:04
Last Modified: 18 Mar 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32763

Actions (login required)

View Item View Item