STUDI KESIAPAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMAN 1 TUMIJAJAR

Muhammad, Erlangga (2024) STUDI KESIAPAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMAN 1 TUMIJAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ERLANGGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kesiapan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Sekolah SMAN 1 Tumijajar dan faktor pendukung guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Sekolah SMAN 1 Tumijajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik uji validitas data dengan cara triangulasi tehnik dan triangulasi sumber yang kemudian data tersebut akan dianalisis dengan model Miles and Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, Metode berfikir dalam penelitian ini menggunakan pendekatan induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah-kaidah di lapangan yang lebih umum mengenai fenomena yang diselidiki. Hasil penelitiannya ialah 1) Studi kesiapan Guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah SMAN 1 Tumijajar sudah siap dan cukup baik, hal ini dikarenakan selain dengan mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka, guru PAI SMAN 1 Tumijajar juga sudah memiliki dan menguasi kompetensi sebagai guru PAI. Selanjutnya guru PAI juga berusaha kuat agar menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Tentunya agar tugas dan tanggungjawab dapat tersalurkan dengan baik terdapat niat dan usah yang begitu kuat pada diri seorang guru PAI hal yang dilakukan adalah dengan cara mendidik siswa siswi dengan telandan, membimbing dan mengenali kebutuhan atau kemampuan peserta didik, menciptakan situasi yang kondusif dan menyenangkan saat belajar, melakukan inovasi dalam pembelajaram, mengupgrade pengetahuan dengan melakukan pelatihan atau workshop. agar tujuan kurikulum merdeka tercapai yakni menciptakan pendidikan yang menyenangkan, mengejar ketertinggalan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik. 2) Faktor pendukung studi kesiapan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah sekolah menyediakan dan melaksanakan pelatihan untuk guru PAI terkait kurikulum merdeka selain itu adanya sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang kelas yang nyaman dan bersih, perpustakaan, laptop dan LCD Projector, ruang agama juga anggaran yang disiapkan oleh pihak sekolah untuk memenuhi media belajar PAI dengan kurikulum merdeka salah satunya adalah anggaran untuk mencetak modul atau buku panduan guru dan siswa. Kata kunci: Guru PAI, Kurikulum Merdeka, Studi Kesiapan, iv ABSTRACT This research aims to study the readiness of PAI teachers in implementing the independent curriculum at SMAN 1 Tumijajar School and the supporting factors for PAI teachers in implementing the independent curriculum at SMAN 1 Tumijajar School. This research is descriptive qualitative field research with a case study approach. The technique for testing data validity is by means of technical triangulation and source triangulation, then the data will be analyzed using the Miles and Huberman model. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation methods. Data analysis was carried out using a qualitative descriptive analysis method. The thinking method in this research uses an inductive approach, namely a method that studies a specific phenomenon to obtain more general rules in the field regarding the phenomenon being investigated. The results of the research are 1) Study of the readiness of PAI teachers in implementing the independent curriculum at SMAN 1 Tumijajar schools is ready and quite good, this is because apart from preparing themselves to adapt to the new curriculum, namely the independent curriculum, PAI teachers at SMAN 1 Tumijajar also have and master competence as a PAI teacher. Furthermore, PAI teachers also try hard to carry out their duties and responsibilities well. Of course, so that duties and responsibilities can be channeled well, there is a very strong intention and effort in a PAI teacher. What is done is by educating students carefully, guiding and recognizing the needs or abilities of students, creating a conducive and enjoyable situation when learning. , innovate in learning, upgrade knowledge by conducting training or workshops. so that the objectives of the independent curriculum are achieved, namely creating enjoyable education, catching up with learning and developing students' potential. 2) The supporting factor for studying the readiness of PAI teachers in implementing the independent curriculum is that schools provide and carry out training for PAI teachers related to the independent curriculum, apart from that there are adequate facilities and infrastructure such as comfortable and clean classrooms, libraries, laptops and LCD projectors, religious rooms as well One of the budgets prepared by the school to fulfill PAI learning media with the independent curriculum is the budget for printing modules or teacher and student guidebooks. Keywords : Independent Curriculum, PAI Teacher, Readiness Study

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:35
Last Modified: 18 Mar 2024 09:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32758

Actions (login required)

View Item View Item