MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGUL DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGRI 1 LAMPUNG BARAT

Aulia, Adhitiya Anzanni (2024) MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGUL DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGRI 1 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 Lampung Barat merupakan madrasah yang menerapkan program kelas unggulan pada bidang Tahfidz Al�qur‟an, tentunya hal ini didalamnya terdapat pengelolaan manajemennya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen program kelas unggul dalam meningkatkan citra madrasah di MIN 1 Lampung Barat melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Program kelas unggulan ini dilatar belakangi oleh peningkatan citra madrasah melalui inovasi berupa program kelas unggulan tahfidz al-qur‟an yang menawarkan kepada calon peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru khusus kelas unggul, Siswa kelas unggul MIN 1 Lampung Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi, uji keabsahan data yang menggunakan data trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program kelas unggul dalam meningkatkan citra madrasah di MIN 1 Lampung Barat. (1) Perencanaan program unggulan yang disusun MIN 1 Lampung Barat meningkatkan citra madrasa mengikuti visi dan misi madrasah yang memuat tujuan masa depan madrasah. Dengan perencanaan yang sistematis dan realistris. (2) Pengorganisasian yang mencakup guru khusus kelas unggul yang sesuai dengan kualifikasinya, dan pembentukan struktur organisasi dalam pengelolaannya, peserta didik yang mengikuti program harus mengikuti tes terlebih dahulu, materi program kelas unggulan,dan sarana prasarana pada program kelas unggulan. (3) Pelaksanaannya pembelajaran yang berbeda dengan kelas reguler dan memiliki tambahan jam pembelajaran untuk program kelas unggul selama 2 jam iv sehingga pelaksanaan sesuai dengan perencanan dan mencapai target yang telah di tetapkan. Guru melaksanakan pembelajaran dikelas sesuai dengan RPP guru mengajar dengan beberapa model pengajaran yang membuat siswa nyaman dan menggunakan sarana prasarana memadai seperti LCD proyektor dan tambahan kelas musik agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti kelas unggulan tahfidz. (4) Evaluasi yang dilaksanakan pada program unggulannya yaitu dengan supervisi yang dilakukan oleh tim pengawas madrasah dan pengelola program kelas unggulan, sedangkan dalam pembelajaran di kelas unggulan dilakukan dengan cara formatif, fumatif, dan evaluasi tasmi al-qur‟an yang diadakan setiap akhir semesrer yang dihadiri oleh wali murid secara langsung Hasil dari program unggulan memunculkan adanya peningkatan citra madrasah dan peningkatan prestasi siswa bidang akademik dan non akademik dan juga menjadi madrasah mendapatkan pandangan positif dari masyarakat. Kata Kunci: Manajemen, Program Kelas Unggul, Citra Madrasah v ABSTRACT Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 West Lampung is a madrasa that implements a superior class program in the field of Tahfidz Al�Qur'an; of course, this includes management. This study aims to describe the management of superior-class programs in improving the image of madrasas in MIN 1 West Lampung through the process of planning, organizing, implementing and evaluating. This superior class program is motivated by improving the image of the madrasah through innovation in the form of a superior class program tahfidz al�Qur'an that offers prospective students according to their abilities. This research uses qualitative research methods. The qualitative method is research that uses a natural setting with the intention of interpreting the phenomena that occur and is done by involving various existing methods. Informants in this study were obtained directly from the Head of Madrasah, Waka Curriculum, superior class special teachers, and superior class students of MIN 1 West Lampung. Data collection techniques in this study used interview techniques, documentation, observation, and data validity testing using data triangulation techniques and source triangulation. The results of this study indicate that the management of superior-class programs improves the image of madrasas at MIN 1 West Lampung. (1) The superior program planning prepared by MIN 1 West Lampung improves the image of the madrasa by following its vision and mission, which contains its future goals with systematic and realistic planning. (2) Organizing, which includes special superior class teachers in accordance with their qualifications and the formation of an organizational structure in its management, students who take the program must take the test first, superior class program materials and infrastructure in the superior class program. (3) The implementation of learning is different from regular classes. It has additional learning hours for superior class programs for 2 hours so that the implementation is in accordance with the planning and achieves the target that has been set. Teachers carry out classroom learning in accordance with the teacher's lesson plan, using several teaching models that make students comfortable and use adequate infrastructure such as LCD projectors. (4) The evaluation carried out vi on the superior program is by supervision carried out by the madrasah supervisory team and the superior class program manager. In contrast, learning in superior classes is carried out by means of formative, summative, and evaluation of taste al-Qur'an, which is held at the end of each semester and attended by student guardians directly. The results of the superior program led to an increase in the image of the madrasah and an increase in student achievement in academic and non-academic fields. Also, they became madrasahs, getting a positive view of the community. Keywords: Management, Superior Class Program, Madrasah Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:24
Last Modified: 18 Mar 2024 09:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32756

Actions (login required)

View Item View Item