PENGELOLAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH AL-FATAH NATAR, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Muhamad, Habib Hizbulloh (2024) PENGELOLAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH AL-FATAH NATAR, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan sekolah/madrasah merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh institusi sekolah dan dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan utama mendukung terlaksana dan tercapainya tujuan sekolah serta tujuan pendidikan pada umumnya sehingga perpustakaan memiliki peran penting dalam mendukung hal tersebut, oleh karenanya sebagaimana Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, pasal 23 ayat 2, bahwa perpustakaan wajib memiliki buku teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku wajib yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. Latar Belakang penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah Natar, Kabupaten Lampung Selatan yang meliputi kondisi koleksi perpustakaan dan kendala-kendala yang ada di perpustakaan sebagai sumber belajar siswa, serta untuk menganalisis bagaimana pengelolaan koleksi perpustakaan sekolah. Sebagaimana tujuan penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana pengelolaan koleksi di Perpustakaan Madrasah Aliyah Al-Fatah Natar, Kabupaten Lampung Selatan, dan untuk menganalisis apa saja kendala pengelolaan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 10 (sepuluh) orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Perpustakaan, Staf perpustakaan bagian pelayanan teknis, staf perpustakaan bagian pelayanan pemustaka, wali kelas X, wali kelas XI, wali kelas XII, satu siswa yang mewakili kelas X, satu siswa yang mewakili kelas XI, satu siswa yang mewakili kelas XII. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar belum berjalan secara optimal. Beberapa aspek pengelolaannya meliputi iii masih terdapatnya kekurangan seperti koleksi buku fiksi yang masih terbatas sehingga kurangnya minat belajar siswa di perpustakaan sehingga hanya mengandalkan pembelajaran di kelas dan kemandirian siswa, waktu kunjungan ke perpustakaan yang sedikit, sebagian besar SDM perpustakaan yang masih terlibat pada bagian kerja lain di luar perpustakaan, pengolahan koleksi yang pelaksanaannya belum sesuai dengan pedoman yang pengelolaannya hanya meliputi pencatatan pada buku induk, pemberian stampel dan penyusunan di rak, kurangnya rak buku, serta terbatasnya kuota bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Agama RI. Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Pengelolaan Perpustakaan, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 08:02
Last Modified: 15 Mar 2024 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32754

Actions (login required)

View Item View Item