PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS WEB GOOGLE SITES TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP

NURBAITI, SEFTIYANI (2024) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS WEB GOOGLE SITES TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURBAITI SEFTIYANI (1911060161) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya strategi pembelajaran yang menarik, proses pembelajaran yang masih belum sepenuhnya maksimal dalam membuat peserta didik meningkatkan literasi sains, serta perlunya media pembelajaran untuk melatih literasi sains dan sikap ilmiah dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning berbasis web google sites terhadap literasi sains dan sikap ilmiah pada mata pelajaran ipa biologi kelas viii smp. Sehingga peserta didik dapat semangat dalam belajar untuk meningkatkan literasi sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi – Eksperimen dengan menggunakan Postest Only Control Desain. Pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran blended learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pengumpulkan data berupa tes jenis multiple choice yang telah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, uji daya beda, dan non tes berupa angket sikap ilmiah menggunakan skala likert yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga instrumen layak digunakan. Adapun uji hipotesis yang digunakan ialah independen sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai (A) nilai sig(2-tailed) adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai (B) nilai sig(2-tailed) adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata Literasi sains peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran blended learning berbasis web, terdapat peredaan rata�rata sikap ilmiah peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran blended learning berbasis web google sites. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Literasi Sains, dan Sikap Ilmiah iii ABSTRACT This research is motivated by the lack of interesting learning strategies, the learning process that is still not fully optimal in making students improve science literacy, and the need for learning media to train science literacy and scientific attitudes in learning. Therefore, this study aims to determine the effect of the Google Sites web-based blended learning model on science literacy and scientific attitudes in biology science subjects grade viii junior high school. So that students can be enthusiastic in learning to improve scientific literacy and scientific attitudes. This study used the Quasi-Experiment method using Postest Only Control Design. The sampling uses cluster random sampling. This study used 2 classes, namely VIII A as an experimental class and VIII B as a control class. In the experimental class using a blended learning model while in the control class using a direct instruction learning model.Data collection in the form of multiple choice type tests that have been carried out validity tests, reliability tests, difficulty levels, differentiation power tests, and non-tests in the form of scientific attitude questionnaires using the Likert scale that has been tested for validity and reliability tests, so that the instrument is feasible to use. The hypothesis test used is an independent sample t-test. Based on the results of the research that has been done, the value (A) of the value of sig (2-tailed) is 0.000 smaller than 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted and the value (B) of sig value (2-tailed) is 0.000 smaller than 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a difference in the average science literacy of students before and after the implementation of the web�based blended learning learning model, there is a reduction in the average scientific attitude of students before and after the implementation of the web-based blended learning learning model. Keywords: Blended Learning Model, Science Literacy, and Scientific Attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:58
Last Modified: 15 Mar 2024 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32746

Actions (login required)

View Item View Item