DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI DUSUN HARAPAN JAYA KEC.KETAPANG LAMPUNG SELATAN

Wahyu, Wantika (2024) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI DUSUN HARAPAN JAYA KEC.KETAPANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUSS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak penggunaan Smartphone dalam perkembangan kognitif anak usia dini (penelitian studi kasus dilakukan di Dusun Harapan Jaya Kec.Ketapang Lampung Selatan) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung . Pada Tahap Pra operasional (2-7 tahun), anak mulai bisa melakukan sesuatu sebagai hasil meniru atau mengamati sesuatu model tingkah laku dan mampu melakukan simbolisasi. Dalam perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya, oleh sebab itu sangat bijak apabila kita dapat menciptakan suatu lingkungan yang baik untuk membantu perkembangan kognitif anak. Penggunaan Smartphone dapat berdampak positif maupun negatif tergantung pemanfaatan yang digunakan anak usia dini serta perkembangan yang dimiliki anak dari perbedaan minat, kepribadian, keadaan jasmani, keadaan sosial termasuk kemampuan intelegensinya. Pengetahuan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini serta bagaimana seharusnya peran pendidik dan orang tua dalam mendidik dan mendampingi anak dalam penggunaan Smarphone. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan mengobservasi dan wawancara secara langsung kepada anak dan orang tua, serta anak tentang penggunaan Smartphone dalam keseharian yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak baik saat dirumah, lingkuan dan disekolah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penggunaan Smartphone sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak tergantung pemanfaatan saat penggunaan Smartphone tersebut. Tentunya perlu dukungan semua pihak untuk dapat mendampingi di rumah, lingkungan, dan di sekolah untuk menigkatkan perkembangan kognitif pada anak. Kata kunci : Smartphone, Perkembangan Kognitif iii ABSTRACT The impact of using smartphones on the cognitive development of early childhood (case study research conducted in Harapan Jaya Hamlet, Ketapang District, South Lampung) Early Childhood Islamic Education Study Program (PIAUD) Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Raden Intan Lampung State Islamic University. In the Preoperational Stage (2-7 years), children begin to be able to do things as a result of imitating or observing a model of behavior and are able to carry out symbolization. Children's cognitive development is greatly influenced by environmental conditions, therefore it is very wise if we can create a good environment to help children's cognitive development. The use of smartphones can have positive or negative impacts depending on the use used by young children and the development of children based on differences in interests, personalities, physical conditions, social conditions including their intelligence abilities. This knowledge aims to find out how much impact the use of gadgets has on the cognitive development of young children and what the role of educators and parents should be in educating and accompanying children in using smartphones. The method used is a descriptive qualitative method with case study research. Researchers collected data by observing and interviewing children and parents directly, as well as children about the use of smartphones in everyday life which affects children's cognitive development both at home, in the environment and at school. The results obtained from this research show that the impact of using a smartphone is very influential on children's cognitive development depending on the use of the smartphone. Of course, support from all parties is needed to be able to assist at home, in the environment and at school to increase cognitive development in children. Keywords : Smartphone, Cognitive Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:32
Last Modified: 15 Mar 2024 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item