PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PESERTA DIDIK DI SMA N 15 BANDAR LAMPUNG

M. FEBRI, SAPUTRA (2024) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PESERTA DIDIK DI SMA N 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FEBRI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FEBRI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Pelaksanaan Konseling Kelompok Oleh Guru BK Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan etika pergaulan peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Untuk mengetahuiapa saja faktor penghambat dalam memberi pelaksanaan konseling kelompok untuk meningkatkan etika pergaulan peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskrpitif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Data primer sumber data yang didapat melalui wawancara dengan guru bimbingan dan konseling mengenai Pelaksanaan konseling kelompok oleh guru BK di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sumber data sekunder didapat melalui media perantara yang dapat berupa dokumentasi dari responden yaitu guru bimbingan konseling di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pelaksanaan konseling kelompok oleh guru bimbingan konseling dalam meningkatkan etika pergaulan peserta didik di SMA N 15 Bandar Lampung? Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pelaksanaan konseling kelompok guru bimbingan dan konseling menggunakan beberapa tahapan antara lain, tahap awal, tahap transisi, tahap kerja, tahap akhir. Pada proses pelaksanaan layanan konseling kelompok guru BK membuat peserta didik merasa nyaman agar dapat menceritakan permasalahannya secara terbuka di dalam kelompok. Kata kunci : Konseling Kelompok, Etika Pergaulan iv ABSTRACT The author took the title "Implementation of Group Counseling by Guidance and Guidance Teachers to Improve Student Social Ethics at SMA Negeri 15 Bandar Lampung". The aim of this research is to find out how group counseling is implemented in improving the social ethics of students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. To find out what are the inhibiting factors in implementing group counseling to improve students' social ethics at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The type of research used in this research is descriptive qualitative research. This research uses data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Primary data is a data source obtained through interviews with guidance and counseling teachers regarding the implementation of group counseling by guidance and counseling teachers at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Secondary data sources are obtained through intermediary media which can be in the form of documentation from respondents, namely guidance and counseling teachers at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The formulation of the problem in this research is: How is the implementation of group counseling by guidance and counseling teachers in improving the social ethics of students at SMA N 15 Bandar Lampung? Based on the results of research that has been carried out, the implementation of group counseling for guidance and counseling teachers uses several stages, including, initial stage, transition stage, work stage, and final stage. In the process of implementing group counseling services, guidance and counseling teachers make students feel comfortable so they can talk about their problems openly in the group. Keywords: Group Counseling, Social Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:28
Last Modified: 15 Mar 2024 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item View Item