NILAI PENDIDIKAN PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS V SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN

TANIA, BELLA PRADITA (2024) NILAI PENDIDIKAN PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS V SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TANIA BELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI PENDIDIKAN PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS V SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membentuk dan mengembangkan karakter pasitif siswa. Pendidikan karakter berkenaan dengan psikis individu, diantaranya segi keinginan/ nafsu, motif, dan dorongan berbuat. Karakter peduli lingkungan merupakan karakter yang wajib diimplementasikan bagi sekolah di setiap jenjang pendidikan. Semua warga sekolah harus mempunyai sikap peduli terhadap lingkungan dengan cara meningkatkan kualitas lingkungan hidup, meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang pentingnya peduli lingkungan serta mempunyai inisiatif untuk mencegah kerusakan lingkungan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini melibatkan Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan murid Kelas V sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan juga dokimentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Masalah yang ada dalam penelitianini adalah meskipun sudah diterapkan kegiatan peduli lingkungan nemun masih kurangnya munat siswa tentang kepedulian lingkungan terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan siswa menjadi kurang bertanggung jawab dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Hasil dari penelitian ini , yang didapat melalui wawancara dan observasi iakni menunjukkan bawa kepedulian lingkungan siswa kelas V sudah menujukkan kepedulianny terhadap ligkungan sekolah. Hal ini terlihat dari keadaan lingkungan kelas dan juga sekolah yang sudah bersih, rapih, sejuk, dan hujau. Kepedulian siswa terhadap lingkungan dapan mempengaruhi pembentukan moral siswa khususnya moral disiplin dan bertanggungjawabb dalammenjaga dan merawat lingkungan. Kendala yang dihadapi dalam nilai pendidikan peduli lingkungan sekolah kelas V di SDN 1 Kelaten Lampung Selatan adalah kebiasaan siswa dan keteladanan siswa. Hal ini dapat dilihat dari masih terdapat beberapa siswa yang masih acuh dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Kata Kunci: Nilai, Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan iv ABSTRACT THE VALUE OF SCHOOL ENVIRONMENTAL CARE EDUCATION IN CLASS V SDN 1 KELATEN LAMPUNG SELATAN Character education is an effort to shape and develop students' positive character. Character education is concerned with the individual's psychology, including aspects of desires/lusts, motives and impulses to act. The character of caring for the environment is a character that must be implemented by schools at every level of education. All school residents must have a caring attitude towards the environment by improving the quality of the environment, increasing awareness of the school community about the importance of caring for the environment and having the initiative to prevent environmental damage. The research used is research with a qualitative approach with descriptive analysis methods. This research involved the Principal, Class Teacher, and Class V students as research subjects. The data collection used is interviews, observation and also documentation, which relate to the object under study. This research also uses a qualitative descriptive analysis method. The problem in this research is that even though environmental care activities have been implemented, there is still a lack of student interest in caring for the environment which can result in students becoming less responsible and disciplined. This research aims to describe the implementation of environmentally caring character education in schools. The results of this research, obtained through interviews and observations, show that fifth grade students have shown concern for the school environment. This can be seen from the condition of the classroom and school environment which is clean, neat, cool and green. Students' concern for the environment can influence the formation of students' morals, especially moral discipline and responsibility in protecting and caring for the environment. The obstacles faced in the value of environmental care education in class V schools at SDN 1 Kelaten South Lampung are student habits and student example. This can be seen from the fact that there are still some students who are still indifferent and do not care about the surrounding environment. Keywords: Values, Implementation, Character Education, Environmental Care

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:50
Last Modified: 14 Mar 2024 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32736

Actions (login required)

View Item View Item