MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH

POPY, BIDARI (2024) MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI POPY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seilain keiteirampilan meingajar seioirang guru dituntut untuk meinguasai manajeimein keilas. Keiteirampilan guru yang baik dalam manajeimein keilas akan dapat meindukung peiningkatan kualitas dalam aktivitas siswa. manajeimein keilas meirupakan upaya yang dilakukan oileih guru yang meiliputi peireincanaan, peingoirganisasian, peilaksanaan, dan peingawasan beirbagai sumbeir, bahan, sarana peimbeilajaran yang ada di keilas guna meinciptakan keigiatan peimbeilajaran yang eifeiktif dan beirkualitas bagi siswa. berdasarkan hasil prapenelitian memperliatkan bahwa manajemen kelas dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan di MAN 1 Lampung Tengah sudah terlaksana sehingga hasil belajar siswa semakin meningkat, hal ini dilihat dari daftar siswa MAN 1 lampung tengah yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur rapot. penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi manajemen kelas, yaitu bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan didalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pengamatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1Lampung Tengah. Sumber data penelitian ini diperoleh langsung dari Waka kurikulum, dan guru kelas di MAN 1Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas dilakukan melalui beberapa tahapan : 1) Perencanaan kelas didalam pembelajaran diawali dengan penyusunan program tahunan, program semester, silabus, rencana pembelajaran (RPP), dan modul ajar. 2) pengorganisasian kelas wali kelas membentuk struktur perangkat kelas yang terdiri dari ketua kelas, wakil ketua, sekertaris, bendahara, dan seksi- seksi.Selain itu juga guru membentuk jadwal piket kelas dan mengelompok kan siswa dalam kelompok pembelajaran. 3) pelaksanan kelas didalam pembelajaran dilakukan dengan guru sebagai suri tauladan bagi siswa selalu mengarahkan, membimbing, iv dan memberikan motivasi kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, guru juga menciptakan iklim pembelajaran dengan mengkondisikin ruang kelas nya mulai dari pengaturan tempat duduk, mendisiplinkan siswa nya agar siap untuk mengikuti pembelajaran. Dalam menyampaikan materi pembelajaran guru memgunakan metode ajar yang bervariasi sehingga para siswa tidak merasa bosan. Selain mengunakan metode ajar yang bervariasi guru juga memanfat kan media ajar seperti LCD Proyektor, alat peraga, lembar kerja siswa ( LKS), perpustakaan, dan laboratorium. 4) pengawasan kelas dilakukan oleh guru dengan mengevaluasi hasil pembelajaran siswa setiap harinya.Pengevaluasian siswa ini dilakukan dengan memberikan tugas individu,tugas kelompok, kuis, ulangan harian,ujian tengah semester, dan ujian akhir semseter. Selain itu juga pengevaluasian juga di lakukan terhadap guru melalui supervisi. Kata Kunci : Manajemen Kelas, MAN 1 Lampung Tengah v ABSTRACT Aside from teaching skills, a teacher is required to master classroom management. The skills of a good teacher in classroom management can support the improvement of quality in student activities. Classroom management is an effort made by teachers that includes planning, organizing, implementing, and supervising various resources, materials, and learning facilities in the classroom to create effective and quality teaching activities for students. Based on the results of the pre-research, it shows that class management from planning, organizing, implementing and supervising at MAN 1 Central Lampung has been implemented so that student learning outcomes are increasing, this can be seen from the list of MAN 1 Central Lampung students who were accepted to college through the report card route.This research aims to obtain a description of classroom management, specifically the planning, organizing, implementing, and supervising carried out within the classroom. This study employs a qualitative approach with descriptive observation. The research was conducted at MAN 1 Lampung Tengah. The data sources for this research are directly obtained from the Vice Principal fot Curriculum and Class Teachers at MAN 1 Lampung Tengah. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data is tested through source triangulation. The results of the research indicate that Classroom Management was carried out through several stages: 1) Classroom planning in teaching begins with the preparation of annual programs, semester programs, syllabi, lesson plans (RPP), and teaching modules. 2) Classroom organization, where the class teacher forms the class device structure consisting of class president, vice president, secretary, treasurer, and section heads. Additionally, the teacher also creates a class duty schedule and groups students into learning groups. 3) Classroom implementation in teaching is carried out with the teacher as a role model for students, always directing, guiding, and motivating students before starting the lesson. The teacher also creates a learning atmosphere by conditioning the classroom, starting from arranging vi seating, disciplining students to be ready for learning. In delivering teaching materials, the teacher uses a variety of teaching methods so that students do not feel bored. In addition to using various teaching methods, the teacher also utilizes teaching aids such as LCD projectors, teaching aids, student worksheets (LKS), the library, and laboratories. 4) Classroom supervision was carried out by the teacher by evaluating student learning outcomes every day. Student evaluation was done by assigning individual tasks, group tasks, quizzes, daily tests, mid-semester exams, and end-of-semester exams. Additionally, evaluation is also carried out for teachers through supervision. Keywords: Classroom Management, MAN 1 Central Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:21
Last Modified: 14 Mar 2024 08:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32733

Actions (login required)

View Item View Item