Serli, Aprilianti (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi belajar berasal dar dua kata, yaitu motivasi dan belajar. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Dalam dunia pendidikan kedua kata tersebut sangat berpengaruh dan memiliki hubungan yang sangat berkesinambungan. Motivasi adalah suatu kondisi dari peserta didik untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu, dan memelihara kesungguhan. Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik mengalami pnerunan atau rendah yang disebabkan berbagai hal sehingga berdampak pada penurunan prestasi akademik pada peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI MAN 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan guu bimbingan dan konseling yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas XI MAN 1 Bandar Lampung. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningktakan motivasi belajar peserta didik MAN 1 Bandar Lampung adalah sebagai berikut: pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing sudah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Bandar Lampung yaitu ibu Yuli mar’ati. S.Psi. pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung dilaksanakan empat sesi pertemuan dengan tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar dapat, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling tetap melaksanakan dan bertanggung jawab atas pelaksaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar, peneliti dapat mengambil kesimpulan iv bahwa guru bimbingan dan konseling tetap melaksanakan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Role Playing, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 08:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32731 |
Actions (login required)
View Item |