PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 1 BARADATU

EVA, MEILINDA (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 1 BARADATU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Eva Meilinda .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran guru adalah sebagai contoh suri tauladan yang baik peserta didiknya. Dimana seorang guru dituntut agar bisa memberikan dorongan kepada peserta didik agar menjadi lebih baik lagi. SMAN 1 Baradatu adalah salah satu sekolah menengah atas di wilayah Kabupaten Way Kanan. Sekolah ini menjadi pilihan para peserta didik dan orang tua siswa sebagai tempat menimba ilmu, disana banyak sekali perbedaan yang ada, dari segi ekonomi, latar belakang sosial serta perbedaan keyakinan, tetapi hal ini tidak menjadikan perbedaan penghambat dalam proses pembelajaran, tidak ada perbedaan khusus di SMAN 1 Baradatu, yang menjadikan SMAN ini banyak diterima oleh masyarakat Baradatu, dilihat dari banyaknya murid yang menimba ilmu di SMAN 1 Baradatu. Namun dengan adanya perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang antar peserta didik untuk mengikuti kegiatan disekolah terlebih memasuki era revolusi industri 4.0 dimana zaman semakin maju dan canggih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di SMAN 1 Baradatu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data,penyajian data,verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data diperoleh hasil yaitu sebagai berikut: Pertama, guru PAI di SMAN 1 Baradatu memberikan motivasi akan pentingnya nilai toleransi kepada peserta didik , sehingga menjadikan peserta didik menerima keberagaman perbedaan yang ada. Kedua, sebagai educator guru PAI memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik mengenai nilai toleransi serta memberikan contoh yang baik kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat menerima perbedaan antar sesama teman. Ketiga, sebagai evaluator guru PAI menumbuhkan nilai toleransi sehingga peserta didik mampu dan mau bekerjasama antar teman tanpa membeda-bedakan. Peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi sebagai motivator,educator dan evaluator menjadikan peserta didik lebih memahami toleransi disekitarnya dan lebih mengharagai keberagaman yang ada tanpa menjadikan penghambat dalam menuntut ilmu. Kata kunci : Peran Guru, Nilai Toleransi, Era Revolusi Industri 4.0 iv ABSTRACT The role of the teacher is as a good role model for students. Where a teacher is required to be able to provide encouragement to students to be even better. SMAN 1 Baradatu is one of the senior high schools in Way Kanan Regency. This school is the choice of students and parents of students as a place to gain knowledge, there are many differences that exist, in terms of economic, social background and differences in beliefs, but this does not make differences an obstacle in the learning process, there are no special differences at SMAN 1 Baradatu, which makes this SMAN widely accepted by the Baradatu community, seen from the number of students who study at SMAN 1 Baradatu. However, with these differences it does not become a barrier between students to participate in school activities, especially entering the era of the industrial revolution 4.0 where the times are increasingly advanced and sophisticated. This research used descriptive qualitative research methods and was conducted at SMAN 1 Baradatu. Data collection was done through observation, interview, and documentation. Data analysis is done through data reduction, data presentation, verification and conclusion drawing. From the data analysis, the results were obtained as follows: First, PAI teachers at SMAN 1 Baradatu motivate the importance of the value of tolerance to students, thus making students accept the diversity of differences that exist. Second, as an educator, PAI teachers provide guidance and direction to students about the value of tolerance and provide good examples to students so that students can accept differences among friends. Third, as an evaluator, PAI teachers foster the value of tolerance so that students are able and willing to cooperate among friends without discriminating. The role of PAI teachers in instilling tolerance values as motivators, educators and evaluators makes students better understand the tolerance around them and appreciate the diversity that exists without making obstacles in studying. Keywords: Teacher's Role, Tolerance Value, Industrial Revolution 4.0 Era

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:39
Last Modified: 14 Mar 2024 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item