KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

AJI, PRATAMA (2024) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AJI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan dalam kehidupan manusia memiliki peran yang sangat penting. Adanya pendidikan dalam kehidupan manusia dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai anggota sosial di masyarakat. Dalam pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan, pendidik berperan sebagai tokoh sentral terhadap perkembangan kemampuan dan potensi peserta didik. Penggunaan metode pembelajaran yang humanis dalam memberikan pengajaran termasuk salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pendidik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library reseach), yakni dilakukan dengan membaca, menelaah, dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang memiliki kaitannya dengan masalah yang dibahas yaitu berpedoman dari buku Ibnu Khaldun yang berjudul Muqaddimah sebagai rujukan primer dan buku-buku lain yang mendukung sebagai rujukan sekunder. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis isi. Hasil penelitian ini membahas mengenai konsep pendidik dan metode pembelajaran yang humanis menurut Ibnu Khaldun serta keterkaitannya dengan pendidikan Islam. Seorang pendidik yang humanis dituntut untuk mampu mengetahui kesiapan pemahaman peserta didik (isti‟dad), memperhatikan kebiasaan atau budaya („adah), menunjukkan sifat kasih sayang dan lemah lembut (al�mulayanah), dan mendorong peserta didik untuk mencapai pemahaman yang sempurna (malakah). Sedangkan metode pembelajaran yang humanis merupakan strategi pendidik dalam memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mampu berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Metode pembelajaran yang humanis menurut Ibnu Khaldun adalah metode dengan pola gradual (tadrij) dan pengulangan (takrir), metode diskusi (munadzarah) dan menempuh perjalanan dalam menuntut ilmu (rihlah). Selain itu untuk mengetahui relevansi antara konsep pendidikan humanis menurut Ibnu Khaldun dengan tujuan, metode, pendidik, dan peserta didik dalam pendidikan islam. Melalui hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pandangan baru mengenai pentingnya humanisme dalam pendidikan yang mengedepankan pendekatan humanis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Kata kunci : Pendidik Humanis, Metode Pembelajaran, Ibnu Khaldun, Pendidikan Islam. iv ABSTRACT Education in human life has a very important role. The presence of education in human life can raise dignity as a social member in society. In education that prioritizes human values, educators act as central figures in the development of students' abilities and potential. The use of humanistic learning methods in providing teaching is one of the things that every educator needs to pay attention to. This research method uses library research, which is carried out by reading, studying and reviewing books and written sources that are related to the problem being discussed, namely based on Ibnu Khaldun's book entitled Muqaddimah as a primary reference and other books. which supports as a secondary reference. Meanwhile, the analysis method used is qualitative analysis and the data analysis technique used is technical content analysis. The results of this research discuss the concept of educators and humanist learning methods according to Ibnu Khaldun and their relationship to Islamic education. A humanist educator is required to be able to know students' readiness for understanding (isti'dad), pay attention to customs or culture ('adah), show affection and gentleness (al-mulayanah), and encourage students to achieve perfect understanding (malacca). Meanwhile, humanist learning methods are educators' strategies for giving freedom to students to be able to think and act in accordance with humanitarian principles. Humanist learning methods according to Ibnu Khaldun are methods with a gradual pattern (tadrij) and repetition (takrir), discussion methods (munadzarah) and comparative study methods (rihlah). Apart from that, to find out the relevance between the concept of humanist education according to Ibnu Khaldun and the goals, methods, educators and students in Islamic education. Through the results of this research, it is hoped that it will be able to provide a new view regarding the importance of humanism in education which prioritizes a humanist approach in developing students' potential. Keywords: Humanist Educator, Learning Methods, Ibnu Khaldun, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:31
Last Modified: 14 Mar 2024 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32729

Actions (login required)

View Item View Item