MANAJEMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DI KECAMATAN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

RIFKI, ZULKARNAEN (2024) MANAJEMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DI KECAMATAN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus baru.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi rifki pdf baru.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan warga melalui manajemen kinerja pada kantor urusan agama kecamatan Muara Enim Sumatra Selatan. Manajemen kinerja adalah proses pengelolaan sumber daya yang berorientasi pada kinerja dengan menciptakan visi dan misi bersama untuk mencapai tujuan masa depan. kinerja merupakan faktor pengatur diri sehingga bahwa dalam melakukan pekerjaan yang bersifat pekerjaan tidak setengah-setengah, akan tetapi segala kemampuan dalam arti kata harus profesional dalam suatu pekerjaan agar dapat selesai tepat pada waktunya. Namun pada nyatanya masih banyak administrasi atau aturan pada kebijakan yang ada tidak dilakukan dengan apa yang menjadi aturan yang ada seperti halnya keterlambatan pegawai yang menjadi kebiasaan pada setiap kantor urusan agama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari Kepala, Penghulu, Penyuluh, staf di Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara dan sebagian masyarakat Kecamatan Muara Enim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi, uji keabsahan data menggunakan sumber teknik dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan program kerja pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat menyangkut tugas kantor urusan agama yakni melakukan perencanaan pembagian tugas�tugas pelayanan kepada unit-unit atau bagian-bagian yang ada di kantor urusan agama. Pengorganisasian dilakukan sebagai kegiatan pembagian tugas pada pegawai yang terlibat pada bidang-bidang program kerja yaitu program kerja bidang tata usaha, program kerja bidang administrasi keuangan, program kerja bidang administrasi nikah dan rujuk, program kerja bidang zakat, wakaf dan ibadah sosial dan program kerja bidang administarasi kemasjidan. Pelaksanaan dilakukan dengan fokus dalam memberikan pelayanan, pengawasan, pelayanan bimbingan tentang keagamaan islam, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk sesuai tugasnya masing- masing. Evaluasi program kerja iv kantor urusan agama dilakukan dengan memberikan penilaian dan analisis terhadap proses yang sedang berjalan dan hasil yang sudah dicapai, dimana nantinya hasil dari keputusan evaluasi bisa saja menentukan keputusan tidak lanjut ditahun berikutnya. Kata Kunci : Manajemen Kinerja, Kualitas Pelayanan v ABSTRACT This study aims to determine the extent to which the quality of citizen service through performance management at the religious affairs office in Muara Enim sub-district, South Sumatra. Performance management is a process of managing performance-oriented resources by creating a shared vision and mission to achieve future goals. performance is a self-regulatory factor so that in doing work that is work not half measures, but all abilities in the sense of the word must be professional in a job so that it can be completed on time. However, in fact there are still many administrations or rules on existing policies that are not carried out according to existing regulations, such as employee delays which are a habit in every religious affairs office. The method in this study uses a descriptive qualitative approach. data collection techniques such as interviews, documentation and observation. The informants in this study were obtained directly from the Head, Penghulu, Extension Officers, staff at the Office of Religious Affairs in Muara District and some of the people of Muara Enim District. Data collection techniques in this study used interviews, documentation, and observation techniques, testing the validity of the data using technical sources and data triangulation. The results of this study indicate that the planning of a work program to improve service to the community involves the duties of the religious affairs office, namely planning the distribution of service tasks to units or sections in the religious affairs office. Organizing is carried out as a division of tasks for employees involved in work program fields, namely administration work programs, financial administration work programs, marriage and reconciliation administration work programs, work programs in the field of zakat, endowments and social worship and work programs in the field of mosque administration. Implementation is carried out with a focus on providing services, supervision, guidance services on Islamic religion, recording and reporting of marriages and reconciliation according to their respective duties. Evaluation of the work program of the religious affairs office is carried out by providing an assessment and analysis of the ongoing process and the results that have been achieved, where later the results vi of the evaluation decision may determine the decision not to proceed in the following year. Keywords: Performance Management, Service Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:40
Last Modified: 14 Mar 2024 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32725

Actions (login required)

View Item View Item