PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DMR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI, PENALARAN, DAN REVERSIBLE THINKING MATEMATIS PESERTA DIDIK

SELVA, MELINDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DMR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI, PENALARAN, DAN REVERSIBLE THINKING MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SELVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi, penalaran, dan reversible thinking matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik sebagai penunjang ketika dihadapkan oleh sebuah persoalan dan menemukan solusinya. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model DMR. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas XI.3 dan kelas kontrol yaitu kelas XI.6. Kelas eksperimen menggunakan model DMR sedangkan kelas kontrol menggunakan model direct intruction. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat adanya pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi, penalaran, dan reversible thinking matematis. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariat Analysis of Variance (Manova) satu arah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan representasi, penalaran, dan reversible thinking matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran DMR lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model direct instruction. Kata Kunci: Model DMR, Kemampuan representasi, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Reversible Thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:49
Last Modified: 13 Mar 2024 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32713

Actions (login required)

View Item View Item