PERAN USTADZ/USTADZAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK-ANAK DI RUMAH TAHFIDZ AL-BIRRU KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

NABILAH, AFANIN (2024) PERAN USTADZ/USTADZAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK-ANAK DI RUMAH TAHFIDZ AL-BIRRU KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NABILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ustadz/ustadzah dalam membentuk karakter religius dan faktor pendukung serta faktor penghambat ustadz/ustadzah dalam membentuk karakter religius anak-anak di Rumah Tahfidz Al-Birru Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ustadz/ustadzah dalam membentuk karakter religius anak-anak di Rumah Tahfidz Al-Birru Kecamatan Tanjung senang Bandar Lampung sudah berperan cukup baik, dimana peran yang dilakukan ustadz/ustadzah di Rumah Tahfidz ini adalah berperan sebagai Mu’allim, Mu’addib, Murabbi, dan Mursyid. Adapun faktor pendukung dan penghambat ustadz/ustadzah dalam membentuk karakter religius anak-anak yakni: Faktor pendukungnya adalah keluarga, lingkungan, guru, dan santrinya sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua, pergaulan teman sebaya, dan penyalahgunaan media sosial. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Hafidz Qur’an iv ABSTRACK This research aims to describe the role of ustadz/ustadzah in forming religious character and the supporting factors and inhibiting factors of ustadz/ustadzah in forming the religious character of children at the Al-Birru Tahfidz House, Tanjung Senang District, Bandar Lampung. The research approach used is a qualitative research method using field research and this research is descriptive qualitative in nature. Data sources obtained from primary and secondary data. The data collection techniques used were interview, observation and documentation techniques. Data analysis techniques are carried out using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research indicate that the role of the ustadz/ustadzah in shaping the religious character of children at Rumah Tahfidz Al-Birru, Tanjung Selamat District, Bandar Lampung has played a quite good role. Where the role played by the ustadz/ustadzah at Rumah Tahfidz is to act as a Mu‟allim, Mu‟addib, Murabbi, and Mursyid. The supporting and inhibiting factors for ustadz/ustadzah in forming children's religious character are: The supporting factor is family, the environment, teachers and the students themselves. Meanwhile, the inhibiting factors are parents, peer interactions, and misuse of social media. Keywords: Teacher's Role, Religious Character, Hafidz Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:40
Last Modified: 13 Mar 2024 08:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32712

Actions (login required)

View Item View Item