HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

NANDA, KURNIAWATI (2024) HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NANDA KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan disposisi matematis dengan kemampuan berpikir kreatif, hubungan self concept dengan kemampuan berpikir kreatif, hubungan disposisi matematis dan self concept dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dikarenakan kurangnya latihan soal yang high, kurang tepatnya pendidik dalam memilih metode pembelajaran. Hal ini perlu diimbangi dengan minat dan kepercayaan diri pada pembelajaran matematika, oleh sebab itu perlu adanya peningkatan pada disposisi matematis dan self concept. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sukoharjo Pringsewu, teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Data yang digunakan berasal dari angket yang mengukur disposisi matematis dan self concept, serta soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Perhitungan yang digunakan yaitu dengan menggunakan regresi linear sederhana dan berganda dengan menggunakan computer SPSS versi 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari hasil uji regresi linear sederhana pada taraf signifikansi α = 0,05. Maka diperoleh nilai e sehingga ditolak dan diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan antara disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif. Selanjutnya nilai e sehingga ditolak dan diterima, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara self concept terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kemudian berdasarkan hasil dari uji F dengan taraf signifikansi α = 0,05 mendapatkan nilai e sehingga ditolak dan . Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disposisi matematis dan self concept terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kata kunci: Disposisi Matematis, Self Concept, Dan Kemampuan Berpikir Kreatif iv ABSTRACT This research aims to determine the relationship between mathematical disposition and creative thinking ability, the relationship between self concept and creative thinking ability, the relationship between mathematical disposition and self concept and students' creative thinking ability. This research is based on the low creative thinking abilities of students. The low ability of students to think creatively is due to a lack of high level practice questions, educators are less precise in choosing learning methods. This needs to be balanced with interest and self-confidence in learning mathematics, therefore there needs to be an increase in mathematical disposition and self-concept. The type of research used in this research is correlation (relationship) research using quantitative methods. The population in this study were all class IX students of SMP Negeri 3 Sukoharjo Pringsewu, the sampling technique was using a cluster random sampling technique, with a total sample of 48 students. The data used comes from questionnaires that measure mathematical disposition and self-concept, as well as test questions to measure creative thinking abilities. The calculations used are simple and multiple linear regression using the SPSS computer version 26.0. The results of this research show the results of a simple linear regression test at a significance level of α = 0.05. So the p-value = 0.023 < 0.05 is obtained so that is rejected and is accepted, which means that there is a relationship between mathematical disposition and creative thinking ability. Furthermore, the p-value = 0.000 < 0.05 so that is rejected and is accepted, this means that there is a relationship between self-concept and creative thinking abilities. Then based on the results of the F test with a significance level of α = 0.05, the p-value = 0.001 < 0.05 so that is rejected and is rejected. So it can be concluded that there is a relationship between mathematical disposition and self-concept on creative thinking abilities. Keywords: Mathematical Disposition, Self Concept, and Creative Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:31
Last Modified: 13 Mar 2024 08:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item