PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT INSAN KAMIL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Mitra, Abdania (2024) PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT INSAN KAMIL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MITRA ABDANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil dari pra penelitian, peneliti menemukan permasalahan yaitu kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TKIT Insan Kamil Kabupaten Lampung Tengah belum maksimal. Kemampuan membaca permulaan adalah kemampuan membaca yang diajarkan secara terprogram kepada anak prasekolah yang disampaikan melalui permainan dan kegiatan yang menarik sebagai perantara pembelajaran, Indikator kemampuan membaca permulaan anak usia dini 1. Pemahaman fonemik, 2. Pengenalan kata, 3. Pendalaman kata. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini yaitu dengan metode cantol roudhoh . Metode Cantol Roudhoh merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan prinsip bermain sambil belajar dengan memaksimalkan aspek visual, auditorial, dan kinestetik yang didalamnya terdapat unsur warna, gambar, nada, irama, dan rasa nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK IT Insan Kamil Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan keputusan dalam penelitian ini menggunakan uji T dengan nilai signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan perlakuan Metode Cantol Roudhoh sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang mendapatkan perlakuan secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tendensi sentral kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. Setelah hasil uji normalitas dan homogenitas terpenuhi, peneliti melanjutkan pengujian hipotesis melalui uji T. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan pengaruh kelas eksperimen dan kelas kontrol hal ini dikarenakan hasil uji T 0,00 yang mana < 0,05. Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Metode Cantol Roudhoh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TKIT Insan Kamil Kabupaten Lampung tengah. Kata kunci : Metode Cantol Roudhoh, Kemampuan membaca permulaan. iv ABSTRACT Based on the results of the pre-research, the researchers found a problem, namely that the reading ability of young children at the IT Insan Kamil Kindergarten, Central Lampung Regency was not optimal. Beginning reading ability is a reading ability that is taught programmatically to preschool children which is conveyed through interesting games and activities as an intermediary for learning. Indicators of early reading ability for early childhood are 1. Phonemic understanding, 2. Word recognition, 3. Word deepening. One learning method that can develop early childhood reading skills is the methodroudhoh hook . MethodCantol Roudhoh is a learning process using the principle of playing while learning by maximizing visual, auditory and kinesthetic aspects which include elements of color, images, tone, rhythm and a sense of comfort. This research aims to determine the effect of method roudhoh hook on the beginning reading abilities of children aged 5-6 years at the IT Insan Kamil Kindergarten, Central Lampung Regency. The research method used in this research is a quantitative method with a research design Non Equivalent Control Group Design. Decision making in this research uses the T test with a significance value of 5%. The results of this research are that there are 2 classes, namely the experimental class and the control class, the experimental class is the class that receives method treatmentCantol Roudhoh while the control class is the class that received conventional treatment. The results showed that the central tendency value of the experimental class was superior to the control class. After the results of the normality and homogeneity tests were met, the researcher continued testing the hypothesis through the T test. The results of the hypothesis test showed a difference in the influence of the experimental class and the control class, this was because the T test result was 0.00, which was <0.05. So the conclusion in this research is that there is an influence of methodCantol Roudhoh on the beginning reading abilities of children aged 5-6 years at TKIT Insan Kamil, Central Lampung Regency. Keywords: Method Cantol Roudhoh, Beginning reading ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:03
Last Modified: 13 Mar 2024 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32706

Actions (login required)

View Item View Item