PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN 4C TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

SUCI, RAHMAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN 4C TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SUCI RAHMAWATI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar adalah suatu kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pengalaman belajar, kemampuan tersebut berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dicapai atau dikuasai peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil pra penelitian hasil belajar IPA peserta didik masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karna penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis keterampilan 4C terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment, dengan desain Posttes-Only Contol Group. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Sampel yang digunakan ialah kelas IVA berjumlah 28 siswa sebagai kelas control dan kelas C berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran keterampilan 4C terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi wujud zat dan perubahannya. Hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis keterampilan 4C lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Keterampilan 4C, Hasil Belajar IPA. iv ABSTRACT Learning outcomes are abilities that students have after receiving learning experience, these abilities are in the form of cognitive, affective and psychomotor skills that students achieve or master after following the teaching and learning process. Based on pre-research results, students' science learning outcomes are still relatively low, this is due to the use of less varied learning models. This research was conducted with the aim of determining the effect of the 4C skills-based discovery learning model on science learning outcomes. This type of research uses a Quasi Experiment, with a Posttest�Only Control Group design. This research uses data collection techniques in the form of tests. The research population was all students of class IV MIN 5 Bandar Lampung. The sampling technique uses non-probability sampling. The sample used was class IVA with 28 students as the control class and class C with 28 students as the experimental class. The results of the research obtained a significant it can be concluded that there is an influence of 4C skills learning on students' science learning outcomes in material forms of matter. and the changes. The science learning outcomes of students using the 4C skills-based discovery learning learning model are better than the ability to understand science concepts of students using conventional learning models. Keywords: Discovery Learning Model, 4C Skills, Science Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:43
Last Modified: 29 Apr 2024 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32698

Actions (login required)

View Item View Item