INTEGRASINILAI –NILAI MODERASI BERAGAMA PADA BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX KEMENDIKBUD TAHUN 2018

ARIF, ATMA MAHENDRA (2024) INTEGRASINILAI –NILAI MODERASI BERAGAMA PADA BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX KEMENDIKBUD TAHUN 2018. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ARIF ATMA MAHENDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan suatu negara majemuk yang didalamnya terdapat berbagai macam keberagaman yang mencakup etnis, suku, bahasa, kepercayaan, budaya, dan status sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menyaksikan peningkatan perhatian terhadap isu-isu radikalisme agama dan intoleransi. Oleh karena itu, menjadi semakin penting untuk memastikan bahwa kurikulum dan bahan ajar yang digunakan dalam pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah negeri mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistematika pemetaan kompetensi inti dan kompetensi dasar, mendeskripsikan materi pokok dan muatan nilai-nilai moderasi beragama pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2018. Tulisan ini dihasilkan dari penelitian yang menggunakan metode library research atau studi kepustakaan, dimana data-data yang diperoleh bersumber dari buku, artikel, jurnal ilmiah, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis konten (content anaysist). Analisis konten ialah penelitian yang bersifat mendalam terkait isi suatu topik yang diteliti, yang tertulis maupun tidak. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianguasi sumber/data. Peneliti bisa menggunakan teknik ini dengan cara pengambilan data dari berbagai macam sumber, kemudian menganalisisnya secara mendalam dengan memadukan beberapa teori. Setelah langkah itu dilakukan, kemudian akan didapatkan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai nilai moderasi beragama didalam kompetensi inti dan kompetensi dasar pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP terbitan Kemendikbud tahun 2018 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Pendidikan sekolah pertama, didalamnya iv memuat aspek spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.dan terdapat Sebagian redaksi kalimat kompetensi inti dan kompetensi dasar di kelas IX tingkat SMP mengandung muatan nilai moderasi beragama. Serta terdapat 9 materi pokok dari 13 materi pokok pada buku ajar yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama dan ada 4 materi pokok yang tidak mengandung muatan nilai-nilai moderasi beragama. Dan dari hasil penelitian ini bahwa adanya beberapa muatan nilai moderasi beragama yang disajikan pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud tahun 2018 ini, pendidik harus menyadarinya sebagai pengajar dan pentransfer keilmuan kepada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat berpartisipasi penuh dalam mendidik peserta didik tentang sikap moderasi beragama dan indikator-indikatornya. kegiatan pengajaran bagian-bagian seperti Membuka Relung Hati, Mengkritisi Sekitar Kita, dan Menerapkan Perilaku Mulia harus diajarkan disamping mengajarkan materi inti dari setiap pembahasan yang dinamakan Memperkaya Khazanah. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Buku Ajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:35
Last Modified: 08 Mar 2024 08:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32697

Actions (login required)

View Item View Item