PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG

GILANG, AR RASID (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kontekstual peserta didik kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class ActionResearch). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B MIN 6 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah Distribusi frekuensi, distribusi persentase, mean dan deviasi frekuensi yang merupakan analisis data PTK jenis Kuantitatif. Indikator keberhasilan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 73 sedangkan Mastery Learning 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kontektual untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dapat mengingkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 6 Bandar Lampung dapat dibuktikan dengan proses pra-siklus atau belum dilaksanakannya model pembelajaran kontekstual persentase hasil belajar IPA yang didapat untuk peserta didik tuntas adalah 41,03% sedangkan yang belum mencapai ketuntasan adalah sekitar 58,97%. Tetapi setelah diterapkannya model pembelajaran kontektual pada siklus I persentase hasil belajar untuk peserta didik yang tuntas adalah 73,33% dengan peserta didik yang belum tuntas adalah 26,67%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 86,67% sedangkan untuk peserta didik yang belum tuntas adalah sebanyak 13,33%. Sehingga dapat disimpukan dari penelitian yang dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran kontektual sangat layak untuk digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Kontekstual. iv ABSTRACT The main problem in this research is how to apply the contextual learning model in improving the learning outcomes of science students in class IV MIN 6 Bandar Lampung. This research aims to determine the improvement in science learning outcomes through the contextual learning model for class IV MIN 6 students in Bandar Lampung. This type of research uses Class Action Research. The target of this research is class IV B MIN 6 students in Bandar Lampung. This data collection method uses interviews, observation, documentation and tests. The data analysis used is frequency distribution, percentage distribution, mean and frequency deviation which is a quantitative type of PTK data analysis. The success indicator with minimum completeness criteria (KKM) is 73 while Mastery Learning is 80%. The results of the research show that the application of the contextual learning model to improve learning outcomes in science subjects can improve the learning outcomes of class IV MIN 6 students in Bandar Lampung, which can be proven by the pre-cycle process or whether the contextual learning model has not been implemented, the percentage of science learning outcomes obtained for students complete is 41.03% while those who have not achieved completeness are around 58.97%. However, after implementing the contextual learning model in cycle I, the percentage of learning outcomes for students who completed it was 73.33% and students who did not complete it was 26.67%. In cycle II there was an increase of 86.67%, while for students who had not yet completed it was 13.33%. So it can be concluded from the research conducted that the application of the contextual learning model is very suitable to be used to achieve complete student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Natural Sciences, Contextual Learning Model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:52
Last Modified: 08 Mar 2024 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32687

Actions (login required)

View Item View Item