MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Takas, Yolanda (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TAKAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pengembangan kurikulum merupakan jantung dari sebuah pendidikan, bahwa kurikulum berperan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Hal ini menyebabkan keberadaan kurikulum menjadi sangat vital dibandingkan dengan komponen-komponen pendidikan lainnya. Karena kurikulum adalah energi untuk keberhasilan tiap-tiap komponen pendidikan. Namun tidak semua lembaga pendidikan bisa merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum ini dengan baik. Manajemen kurikulum memperlihatkanada keterkaitan yang erat antara manajemen kurikulum dengan setandar nasional pendidikan. Keterkaitan tersebut menunjukkan bahwa manajemen kurikulum memerlukan strategi untuk mencapai pendidikan yang efektif dan efesien. Strategi tersebut merupakan pendayagunaan sumberdaya yang ada dalam sistem pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami Perencanaan kurikulum di MIN 11 Bandar Lampung adalah kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan pendidikan.yang mengacu pada Visi misi lembaga serta pembuatan rencana kerja dan program kegiatan sekolah. Perencanaan kurikulum yang ada di MIN 11 Bandar Lampung adalah perencanaan yang mengembangkan kurikulum nasional yang menjadi kurikulum berkarakter kekhasan MIN 11 Bandar Lampung. Pada proses pelaksanaan pengembangan kurikulum MIN 11 Bandar Lampung . Wujud pelaksanaan pengembangan kurikulum di MIN 11 Bandar Lampung , bahwa dalam pelaksanaan kurikulum MIN 11 Bandar Lampung, dengan cara diturunkan dengan subject pembelajaran terpadu di dalam kelas dan dalam pelaksanaannya semua mata pelajaran menjadi tempat iv pembelajaran islam yang mendasar. Dimana semua mata pelajaran yang ada di MIN 11 Bandar Lampung dikaitkan dan di landasi oleh nilai-nilai spiritual (agama Islam). Secara teknis pelajaran yang paling bnyak dilakukan di MIN 11 Bandar Lampung adalah pembelajaran Tahfiz. Ada beberapa kendala dalam pengembangan kurikulum di MIN 11 Bandar Lampung di antaranya Kurangnya Sosialisasi Pemerintah tentang Kurikulum Merdeka Ke Sekolah-Sekolah, Kurangnya Persiapan Guru Untuk Beralih ke Kurikulum Merdeka dan Sumber Belajar Hanya Terbatas di Buku Paket Saja Kata Kunci : Manajemen Pengembangan, Kurikulum, MIN 11 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:21
Last Modified: 08 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32683

Actions (login required)

View Item View Item