ANALISIS SIYASAH TANFIZIYAH TERHADAP PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 03 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN (Studi di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu)

ARIS, PRASETYA (2024) ANALISIS SIYASAH TANFIZIYAH TERHADAP PERATURAN DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU NOMOR 03 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN (Studi di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ARIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Persampahan Perspektif Hukum Islam, dalam praktiknya penerapan aturan tersebut dirasakan masyarakat masih belum berjalan efektif dalam mengelola sampah di masyarakat terutama di daerah tersebut yang merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Persampahan yang terjadi di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu? Dan bagaimanakah perspektif siyasah tanfiziyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Persampahan yang terjadi di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yang dilakukan di Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Sumber data primer dalam penelitian ini hasil wawancara dengan para informan yaitu Dinas Lingkungan Hidup, petugas kebersihan, pihak pemerintah Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, empat orang masyarakat, pedagang dan pembeli di Pasar Terminal Kecamatan Pringsewu. Sumber data sekundernya merupakan literatur karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif menggunakan teori Siyasah tanfiziyah. Hasil penelitian bahwa, Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, bahwa telah disosialisasikan dan diterapkan di seluruh wilayah Pringsewu, khususnya di Kecamatan Pringsewu. Hal ini dilihat adanya peran dari semua pihak, mulai dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, dan masyarakat. Namun masih kurang efektif, sehingga perlu ditekankan kembali penambahan SDM, penyesuaian honor dan akomodasi SDM, penambahan alat fasilitas untuk mengangkut sampah ke daerah yang belum dijangkau, dan perlunya kesadaran dari masyarakat pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Perspektif hukum Islam terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 3 Tahun 2016 iv Tentang Pengelolaan Persampahan yang terjadi di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, bahwa telah sesuai dengan hukum Islam yakni Siyasah tanfiziyah. Hal ini dikarenakan adanya peraturan daerah tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan nilai-nilai kemaslahatan di lingkungan masyarakat, yakni bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Namun dalam rangka untuk mendukung maksimalitas tujuan perda maka agar dilakukan perbaikan pada penambahan SDM, penyesuaian honor dan dana akomodasi SDM, penambahan alat pengangkut sampah dan kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 08:05
Last Modified: 07 Mar 2024 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32682

Actions (login required)

View Item View Item