UPAYA PENDIDIK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

Shella, Oktaviana.N (2024) UPAYA PENDIDIK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi shela full yang bener  1,2 dan DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi shela full yang bener.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari keberhasilan proses pembelajaran.. Pembelajaran akan tercapai secara optimal bila didukung dengan media, metode, alat dan bahan yang tepat. Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mampu menghadapi perkembangan saat ini, perlu adanya inovasi metode. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa Upaya dan Kendala Pendidik Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan kendala pendidik dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran project based learning. Gunanya untuk mendapatkan informasi dan fakta yang jelas terkait upaya pendidik meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran project based learning Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat naratif dari sumber primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif, berupa data reduction, data display, drawing conclusion. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana upaya dan kendala pendidik meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran project based learning di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi PAI yang diajarkan berfokus pada pengenalan dan pemahaman tentang nilai�nilai pada meyakini nabi dan rasul. Proyek yang dikerjakan ini berupa pembuatan karya, atau kegiatan lain yang terkait dengan meyakini nabi dan rasul. Proyek-proyek yang dipilih mendukung peningkatan kemandirian belajar peserta didik, seperti rasa percaya diri, kemampuan bekerja sendiri, kemampuan mengambil keputusan, tanggung jawab, keinginan berkompetisi untuk kemajuan, serta kepribadian disiplin dan positif dalam belajar. Selain itu, proyek iii tersebut juga dihubungkan dengan materi pembelajaran PAI yang relevan dan dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih aktif. Guru PAI juga menyesuaikan kurikulum dengan merancang proyek yang sesuai dengan standar kompetensi. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:05
Last Modified: 07 Mar 2024 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32677

Actions (login required)

View Item View Item