PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BERINGIN RAYA KEMILING BANDAR LAMPUNG

Anisa, Amalia (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BERINGIN RAYA KEMILING BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Anisa Amalia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah kunci utama terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten. Pendidikan islam bertujuan agar siswa dapat dapat memahami, menghayati dan menegamalkan ajaran agama islam. problematika sebagai suatu masaalah yang perlu diketahui agar ditemukan solusi supaya tidak menghambat, mengganggu dan mempersulit atau bahkan mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis data kualitatif. Sumber data terdiri dari primer dan sumber skunder. Sumber data primer berupa data yang diperoleh dari guru dan kepala sekolah, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen- dokumen, buku raport, artikel dalam jurnal dan website. Penelitian ini menghasilkan bahwa pembelajaran pendidikan islam bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita Di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung dipengaruhi oleh faktor yang menyebabkan terjadinya probelamtika dalam pelaksanaan pendidikan agama islam yaitu faktor kognitif, faktor kelelahan, dan faktor emosi siswa. Lebih dari itu bahwasanya dalam pengajaran pendidikan islam di SLB belum memiliki guru khusus, bahkan guru pengajar pun belum memiliki pengalaman dalam bidang guru SLB sehingga menyebabkan kewalahan dan probelamatika pada guru di sekolah. Kata Kunci : Problematika Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita iii ABSTRACT Education is the main key to the formation of competent human resources. Islamic education aims so that students can understand, live and practice the teachings of Islam. problematic as a problem that needs to be known in order to find a solution so as not to hinder, disturb and complicate or even result in failure in achieving learning objectives. This type of research is field research, using qualitative data types. Data sources consist of primary and secondary sources. Primary data sources are data obtained from teachers and school principals, while secondary data sources come from documents, report cards, articles in journals and websites. This research resulted that learning Islamic education for children with special needs mentally retarded at SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung is influenced by factors that cause problems in the implementation of Islamic education, namely cognitive factors, fatigue factors, and student emotional factors. More than that, in teaching Islamic education in SLB there are no special teachers, even the teaching teachers do not have experience in the field of SLB teachers, causing confusion and problems for teachers at school. Keywords: Learning Problems, Islamic Education, mentally retarded

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 04:22
Last Modified: 07 Mar 2024 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32672

Actions (login required)

View Item View Item