EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 BANDAR LAMPUNG

ASIP, EPENDI (2024) EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di SMK N 2 Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik. Kurikulum Merdeka Belajar memberikan kebebasan yang seluas- luasnya kepada peserta didik dalam memilih materi pembelajaran. Kelebihan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK N 2 Bandar Lampung, dapat dilihat bahwa setiap pelajar dapat mengeksplor kembali diri mereka masing-masing untuk menemukan apa yang mereka sukai. Evaluasi penerapan kurikulummerdeka belajar bertujuan untuk memperbaiki kurikulum (kurikulum merdeka) dengan pembelajaran yang beragam, baik kurikulum yang masih dalam tahap pengembangan maupun yang telah dilaksanakan supaya menjadi lebih baik dan lebih siap di masa mendatang. Kurikulum Merdeka merupakan salahsatu perubahan signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Banyak sekolah telah diadopsi Kurikulum Merdeka dalam proses pendidikan mereka, salahsatunya yaitu SMKN 2 Bandar Lampung sebagai sekolah penggerak yang dianjurkan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan dan evaluasi evaluasi pembelajaran pendidikan agana islam Kurikulum Merdeka di SMKN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat naratif dari sumber primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif menggunakan, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion and verification). Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan dan evaluasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam Kurikulum Merdeka di SMKN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di iv SMKN 2 Bandar Lampung melibatkan tiga tahap penting: evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan, dan evaluasi penilaian.. Perencaan yang ada di SMK sudah berjalan dengan baik, tapi belum maksimal. Dalam pelaksanaan Penerapan kurikulum merdeka yaitu agar terbentuknya pelajar pancasila dan di SMK N 2 Bandar Lampung indikator Pelajar Pancasila (P5) tersebut sudah terpenuhi dan sudah terbentuk dan Evaluasi yang di lakukan di SMK N 2 Bandar Lampung sudah sesuai dengan konsep dikurikulum merdeka. Kata Kunci: Evaluasi, Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 04:17
Last Modified: 07 Mar 2024 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item View Item