IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PRABUMULIH NOMOR 4 TAHUN 2021 TENTANG PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN DAERAH PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih)

OKTAVIA, BELESKY (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PRABUMULIH NOMOR 4 TAHUN 2021 TENTANG PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN DAERAH PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL OKTA.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengarusutamaan Gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan daerah khusunya di Kota Prabumulih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah (PERDA) Kota Prabumulih Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih dan untuk mengetahui Bagaimana Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih Melalui Perspektif Siyasah Tanfiziyah. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseacrh) yang bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan teori Siyasah Tanfiziyah. Data primer dalam penelitian ini yakni Ketua Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih dengan sebagian anggota di Bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dan Seksi Perlindungan dan Hak Perempuan. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal-jurnal, karya ilmiah berupa skripsi serta ayat-ayat Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, dan dokumentasi yang kemudian datanya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Prabumulih telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan Peraturan Daerah yang berlaku dengan menggunakan metode Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) atau isntrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan antara laki-laki dan perempuan yang melibatkan 21 perangkat daerah di Kota Prabumulih. Perspektif Siyasah Tanfiziyah terkait dengan pelaksanaan Implementasi Peraturan Daerah (PERDA) Kota Prabumulih Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah di Kota Prabumulih sudah berjalan sesuai dengan hukum Islam dimana seorang wazir tanfidzh memenuhi aspek keadilan (Al-adl) dan tanggung jawab (Amanah) dalam melaksanakan peraturan daerah tersebut demi kemashlahatan manusia itu sendiri. Kata Kunci: Pengarusutamaan Gender, Pembangunan Daerah, Siyasah Tanfiziyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:54
Last Modified: 07 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item