STRATEGI PENGEMBANGAN PENANAMAN MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MTSN 2 LAMPUNG SELATAN

Farell, Alhafiz (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PENANAMAN MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MTSN 2 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FARELL ALHAFIZ full 1-2 dan 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FARELL ALHAFIZ full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi Indonesia yang majemuk harus disikapi secara bijaksana oleh seluruh rakyat Indonesia. Masalah intoleransi, keharmonisan atau kerukunan dalam bermasyarakat pada saat sekarang ini adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Beberapa hasil studi menunjukkan tingginya sikap radikalisme pada peserta didik. Pemahaman moderasi beragama harus ditanamkan kepada peserta didik, agar peserta didik tidak terpapar pemahaman yang ekstrem, radikal, dan intoleran. MTsN 2 Lampung Selatan sendiri merupakan madrasah yang terdiri dari warga madrasah yang heterogen. Keberagaman yang ada tentunya harus disikapi dengan baik, terutama oleh peserta didik., terkadang para peserta didik masih bersikap fanatik terhadap sukunya sendiri, akan tetapi sifat fanatik tersebut tidak sampai membuat mereka intoleran, sehingga bisa dikatakan perilaku moderasi beragama peserta didik MTsN 2 Lampung masih cukup baik. Penerapan moderasi beragama di MTsN 2 Lampung Selatan termuat dalam 4 mata pelajaran, diantaranya; mata pelajaran akidah akhlak, al qur`an hadits, fiqih, dan PKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman moderasi beragama peserta didik, strt\ategi pengembangan penanaman moderasi peserta didik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan pemahaman moderasi beragama peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif menggunakan, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion and verification). Selanjutnya data yang diperoleh dicek keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya indikator moderasi beragama. Selanjutnya, pengembangan penanaman moderasi beragama peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan dilakukan dengan berbagai strategi yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain; pengajian, pesantren kilat (amaliyah iv ramadhan), dan program santunan anak yatim. Beberapa faktor pendukung nya antara lain; adanya peran aktif kepala sekolah dan dewan guru dalam mengembangkan penanaman moderasi beragama peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan. Selain itu, terdapatnya nilai-nilai moderasi beragama di dalam perangkat pembelajaran pada mata pelajaran tertentu dapat memudahkan para guru dalam mengembangkan pemahaman moderasi beragam peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan. Sementara itu, waktu yang terbatas menjadi salah satu faktor penghambat dalam mengembangkan penanaman moderasi beragama peserta didik di MTsN 2 Lampung Selatan. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Moderasi Beragama, Pemahaman Peserta Didik v ABSTRACT Indonesia's plural condition must be addressed wisely by all Indonesian people. The problem of intolerance, harmony or harmony in society today is a necessity that cannot be avoided. Several studies show a high attitude of radicalism in students. Understanding religious moderation must be instilled in students, so that students are not exposed to extreme, radical, and intolerant understandings. MTsN 2 South Lampung itself is a madrasah consisting of heterogeneous madrasah residents. The diversity that exists must certainly be addressed properly, especially by students., sometimes students are still fanatical towards their own tribe, but this fanatical nature does not make them intolerant, so it can be said that the religious moderation behavior of MTsN 2 Lampung students is still quite good. The implementation of religious moderation in MTsN 2 South Lampung is contained in4 subjects, including; subjects of moral creed, Qur'an, hadith, fiqh, and PKN. The purpose of this study is to find out how the understanding of students' religious moderation, the development of student moderation planting, as well as supporting factors and inhibiting factors in the development of students' understanding of religious moderation in MTsN 2 South Lampung. This research uses qualitative research methods with a qualitative descriptive approach and uses the type of field research (field research).The data sources used are primary and secondary data. The data collection process uses interview, observation, and documentation techniques. The data is analyzed descriptively using, data reduction, data presentation (data display), conclusion drawing and verification. Furthermore, the data obtained are checked for validity using triangulation of sources and techniques. The results showed that the understanding of religious moderation of students in MTsN 2 South Lampung was quite good. This can be proven by the achievement of indicators of religious moderation. Furthermore, the development of planting religious moderation of students in MTsN 2 South Lampung is carried out with various strategies implemented in various forms of activities, including; recitation, pesantren kilat (amaliyah ramadhan), and orphan compensation program. Some of the supporting factors include; there is an active role of the principal and teacher council in developing the naming n religious moderation of students in MTsN 2 South Lampung. In addition, the existence of religious moderation vi values in learning tools in certain subjects can make it easier for teachers to develop understanding of moderation of various students in MTsN 2 South Lampung. Meanwhile, limited time is one of the inhibiting factors in developing the cultivation of religious moderation of students in MTsN 2 South Lampung. Keywords: Development Strategy, Religious Moderation, Student Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:47
Last Modified: 07 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item