PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROLDALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 9 SATAP PESAWARAN TAHUN AJARAN 2023/2024

NURWINDA, SARI (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROLDALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 9 SATAP PESAWARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURWINDA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VII di SMPN 9 SATAP Pesawaran ini dilatar belakangi oleh sering timbulnya permasalahan kecerdasan emosional pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VII SMPN 9 SATAP Pesawaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meninggkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan kecerdasan emosional. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VII SMPN 9 SATAP Pesawaran berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrumen berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 529 dengan skor rata�rata sebesar 66,13. Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self Control , peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 906 dengan skor rata-rata 113.3. 6. Dan juga dapat diketahui bahwa nilai z hitung lebih besar dari z tabel. iii z hitung yaitu sebesar 2,527 > 0,2190 dan juga diperoleh nilai signifikan 0,012 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self Control berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional pada peserta didik. Kata Kunci: Self Control, Konseling Kelompok, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:29
Last Modified: 06 Mar 2024 09:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32656

Actions (login required)

View Item View Item