PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BAKTERI TINGKAT SMA

FALSYAH, AYU SEKHARIMA (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BAKTERI TINGKAT SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FALSYAH AYU SEKHARIMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BAKTERI TINGKAT SMA Oleh FALSYAH AYU SEKHARIMA Pada dasarnya, motivasi siswa dapat tercipta oleh dirinya sendiri, tetapi ada kalanya siswa tidak bisa memotivasi dirinya sendiri sehingga dibutuhkan peran eksternal untuk menciptakan motivasi tersebut. Berdasarkan hasil interview pada saat pra survei disampaikan bahwa dalam proses belajar mengajar disekolah belum menggunakan model pembelajaran Project based learning menyebabkan peserta didik kurang semangat sehingga hasil belajar pada siswa masih rendah dalam proses pembelajaran hanya 34,9 % atau 16 siswa yang mencapai ketuntasan sehingga masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Pembelajaran model Project Based Learning berpotensi menjadi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui langkah pengembangan perangkat pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi bakteri.; 2) Untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi bakteri.; 3) Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi bakteri. Penelitian ini merupakan penelitian Riset and Development menggunakan Model ADDIE dengan desain non-equivalent control group design untuk membedakan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dikumpulkan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Lembar angket motivasi belajar juga di gunakan dalam penelitian ini. Validitas instrumen penelitian meliputi validitas isi, validitas konstruk dan validitas empiris. Sedangkan reliabilitas instrumen Motivasi Belajar Siswa didasarkan pada interpretasi acuan kriteria. Teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pendekatan pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi belajar siswa dilakukan dengan melakukan uji T dan N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengembangan model pembelajaran Project Based Learning berlandaskan nilai-nilai Islami layak digunakan untuk pembelajaran pada materi bakteri dan berpengaruh positif secara simultan terhadap peningkatan Motivasi Belajar peserta didik. Model Project Based Learning efektif meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Nilai Islam, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:22
Last Modified: 06 Mar 2024 09:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32655

Actions (login required)

View Item View Item