IMPLEMENTASI METODE BAHTSUL MASAIL DALAM MEMOTIVASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AHSANUL IBAD PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

NISA, ADELIA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI METODE BAHTSUL MASAIL DALAM MEMOTIVASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AHSANUL IBAD PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  NISA ADELIA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Metode Pembelajaran mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dalam memotivasi peserta didik sangat penting dijadikan fokus utama oleh guru dalam merancangan pelaksanaan pembelajaran agar sesuai dengan tujuan pembelajaran, salah satu metode yang tepat untuk di implementasikan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran fiqih yaitu metode bahtsul masa’il, metode bahtsul masa’il merupakan metode klasik pesantren yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang fiqih, penggunaan metode bahtsul masa’il dalam proses pembelajaran fiqih membuat proses pembelajaran menjadi lebih aktif dikarenakan peserta didik akan berdiskusi dengan bersumber pada kitab fathul qorib dan semua peserta didik bekesempatan mengutarakan pendapatnya, sehingga peserta didik memiliki motivasi belajar dalam proses pembelajaran fiqih. Penelitian ini di latar belakangi oleh keingintahuan peneliti mengenai Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bahtsul masa’il dalam memotivasi belajar fiqih di Madrasah Aliyah Ahsanul Ibad Purbolinggo Lampung Timur, Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bahtsul masa’il dalam memotivasi belajar fiqih di Madrasah Aliyah Ahsanul Ibad Purbolinggo Lampung Timur, serta Bagaimana Evaluasi Pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bahtsul masa’il dalam memotivasi belajar fiqih di Madrasah Aliyah Ahsanul Ibad Purbolinggo Lampung Timur. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) atau disebut juga Kualitatif dengan sifat penelitian Deskriptif, dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, Metode pengumpulan data yang digunakan aalah observasi non-Partisipan dan Wawancara tidak terstruktur, sedangkan teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif dan holistic, dengan beberapa tahapan yaitu Data reduction (Reduksi Data), Data display (penyajian data), Conclusion iv Drawing/ verification, Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode bahtsul masa’il dalam memotivasi belajar fiqih di madrasah aliyah ahsanul ibad purbolinggo lampung timur mencakup tiga tahapan yaitu dengan guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bahtsul masa’il, kemudian setelah merencanakan yaitu dengan melaksanaan proses pembelajaran fiqih sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bahtsul masa’il, tahap yang terakhir adalah mengevaluasi proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode bahtsul masa’il. Kata Kunci : Metode Bahtsul Masail, Motivasi Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:18
Last Modified: 06 Mar 2024 09:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32654

Actions (login required)

View Item View Item